Menjatuhkan pilihan investasi di reksa dana itu gampang-gampang susah. Gampangnya karena investasi ini begitu mudah mulainya dan dapat dimulai dengan nominal yang kecil yakni Rp 100.000,-. Dengan investasi di reksa dana tidak perlu repot untuk rajin update informasi soal ekonomi, industri keuangan dan sejenisnya karena investasi kita sudah ditangani oleh manajer investasi.

Sedangkan bagian susahnya adalah bagaimana kita sebagai investor memilih manajer investasi selaku pihak yang mengelola reksa dana kita. Manajer Investasi di Indonesia itu jumlahnya lebih dari 85 perusahaan. Untuk memilih Manajer Investasi yang baik, yang pertama harus dilakukan adalah mengecek bahwa Manajer Investasi tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Kamu perlu mempelajari  kompetensi mereka dalam mengelola reksa dana, apakah secara konsisten memberikan kinerja yang baik. Selain itu cek pula kualitas pelayanan yang diberikan dan biaya-biaya yang dikenakan.

Setelah memilih Manajer Investasi langkah selanjutnya memilih produk reksa dananya. Produk reksa dana ini amat beragam dari yang risiko tinggi ada di reksa dana saham; untuk risiko moderat dapat memilih reksa dana campuran; kemudian risiko yang relatif rendah yakni reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap.

Bagi kalian yang baru pertama kali investasi di reksa dana ada baiknya memilih produk reksa dana dengan risiko rendah seperti reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap. Reksa dana pendapatan tetap memiliki risiko rendah karena mayoritas (80%) pengelolaan dana investasinya akan ditaruh di instrument obligasi atau surat utang. Reksa dana ini cocok untuk kamu yang memiliki tujuan investasi jangka menengah (1 hingga 3 tahun).

Meski memiliki risiko yang rendah, investasi ini dapat memberikan return (imbal hasil) yang lebih tinggi dari bunga tabungan dan deposito perbankan. Sebagai informasi, sepanjang tahun 2017 indeks reksa dana pendapatan tetap mampu menguat 10,72%. Jauh lebih tinggi daripada bunga tabungan dan deposito perbankan yang berada di kisaran 1% sampai 6%.

Pertengahan tahun ini akan ada produk ritel  reksa dana pendapatan tetap baru yakni  SAM Dana Obligasi Prima. Reksa dana ini besutan PT Samuel Aset Manajemen (SAM), perusahaan ini termasuk senior di industri ini karena sudah berdiri sejak tahun 1997. Per Maret 2017 dana kelolaan investasi SAM mencapai Rp 11 triliun. Jadi sudah tidak diragukan lagi reputasi perusahaan ini.

Adapun metodologi investasi yang digunakan SAM adalah top-down approach. Di mana mereka akan mulai analisanya dari skala makroekonomi Indonesia kemudian dilanjutkan dengan mengulik masing-masing  industrinya. Setelah itu manajer investasi SAM akan melakukan analisis fundamental spesifik setiap perusahaan yang akan dipilih untuk menaruh dana kelolaan mereka. Baru ujungnya akan menggunakan analisis teknikal.

Kinerja reksa dana milik SAM juga terbilang ciamik. Sebagai contoh, salah satu reksa dana pendapatan tetap milik SAM, reksa dana SAM Sukuk Syariah Sejahtera. Sejak awal tahun 2018, reksa dana SAM ini memberikan kenaikan tingkat imbal hasil 0,56% di saat indeks acuan harga obligasi pemerintah (IDMA) mencatatkan pertumbuhan negatif (- 3,03%).

Jadi bagi kalian yang ingin mencoba investasi di reksa dana, bisa dicoba dengan mulai investasi reksa dana SAM Dana Obligasi Prima yang akan diluncurkan pada bulan Mei 2018 mendatang. Untuk info lebih jelasnya bisa dapat kunjungi  https://www.reksa danasam.co.id/index.php/landingpage .

Selamat berinvestasi!

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Tips Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa

Ketika memasuki dunia perkuliahan, berarti secara tidak langsung dituntut untuk menjadi seseorang yang dewasa dan bertanggung jawab. Lebih-lebih lagi untuk mahasiswa yang merantau, biasanya harus bisa mengatur keuangannya dengan lebih baik, supaya tidak ada drama di akhir bulan. Ada kalanya mahasiswa tidak dapat membedakan antara gaya hidup dan biaya hidup. …

Artikel
Apa Yang Harus Dilakukan Saat Nilai Investasi Reksa Dana Tiba-tiba Turun?

Saat market IHSG mendadak anjlok, sangat mungkin kalau investasi reksa dana berbasis saham atau campuran yang kamu miliki nilainya ikut turun. Menyiapkan strategi untuk menghadapi market yang tengah bergejolak adalah hal yang penting dilakukan oleh setiap investor, termasuk investor reksa dana. Simak beberapa langkah berikut ini yang bisa kamu lakukan …

Artikel
Tips Jitu dan Bijaksana Menggunakan THR

Bagi umat Islam, bulan Ramadan adalah bulan yang paling dinantikan, karena bulan Ramadan salah satu bulan yang penuh berkah dan merupakan momen terbaik untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di bulan Ramadan, THR atau Tunjangan Hari Raya menjadi salah satu hal yang paling dinantikan. Rasa bahagia saat …