Jumlah Minimal untuk Investasi di Reksadana

Mencoba investasi di usia muda kini bukanlah hal yang sulit dilakukan.  Investasi saat muda jauh lebih baik daripada memulai saat sudah dewasa atau saat sudah tua.

Karena dengan berinvestasi maka menjaga nilai uang yang kita miliki dari inflasi. Dengan berinvestasi, kita dapat mencapai tujuan keuangan tertentu. Bahkan dengan berinvestasi juga dapat membuat kita mencapai kebebasan finansial di masa depan, asalkan dilakukan secara disiplin dan konsisten.

Ada ungkapan soal investasi yakni waktu terbaik memulai investasi adalah kemarin dan waktu terbaik berikutnya adalah saat ini. Maksudnya lebih cepat memulai investasi lebih baik.

Banyak yang beralasan saat muda tidak memiliki dana yang cukup untuk berinvestasi. Kalau itu alasannya, berarti tidak berlaku lagi. Pasalnya, saat ini untuk membeli produk investasi cukup terjangkau cukup dengan nominal Rp 100.000,-. Dana sebesar itu setara 4 bungkus rokok atau 3 gelas kopi di kafe. Jadi, bukan hal yang sulit kan?

Besar atau kecil nominal investasi bukanlah hal yang terpenting dalam investasi. Hal yang paling penting adalah disiplin dan konsisten melakukan investasi dalam periode waktu tertentu. Misalkan setiap bulan setelah gajian selalu menyisihkan untuk investasi. Atau menyesuaikan dengan waktu penghasilan yang kamu terima.

Salah satu pilihan produk investasi yang bisa dimulai dengan nominal Rp 100.000,- dan dapat dilakukan konsisten adalah reksadana. Karena di reksadana memungkinkan kalian untuk melakukan autodebet tiap bulan.

Caranya saat pendaftaran buka akun di perusahaan manajer investasi sekalian isi formulir autodebet pada bank tertentu. Dengan begitu kalian akan mulai disipilin untuk berinvestasi tidak akan ada alasan lupa setelah habis gajian.

Salah satu perusahaan manajer investasi yang menaarkan reksadana adalah PT Samuel Aset Manajemen (SAM) yang sudah berdiri di Indonesia sejak tahun 1997. Untuk informasi lebih lengkap tentang produk reksadana SAM dapat mengunjungi www.reksadanasam.co.id

 

 

Artikel
Tips Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa

Ketika memasuki dunia perkuliahan, berarti secara tidak langsung dituntut untuk menjadi seseorang yang dewasa dan bertanggung jawab. Lebih-lebih lagi untuk mahasiswa yang merantau, biasanya harus bisa mengatur keuangannya dengan lebih baik, supaya tidak ada drama di akhir bulan. Ada kalanya mahasiswa tidak dapat membedakan antara gaya hidup dan biaya hidup. …

Artikel
Apa Yang Harus Dilakukan Saat Nilai Investasi Reksa Dana Tiba-tiba Turun?

Saat market IHSG mendadak anjlok, sangat mungkin kalau investasi reksa dana berbasis saham atau campuran yang kamu miliki nilainya ikut turun. Menyiapkan strategi untuk menghadapi market yang tengah bergejolak adalah hal yang penting dilakukan oleh setiap investor, termasuk investor reksa dana. Simak beberapa langkah berikut ini yang bisa kamu lakukan …

Artikel
Tips Jitu dan Bijaksana Menggunakan THR

Bagi umat Islam, bulan Ramadan adalah bulan yang paling dinantikan, karena bulan Ramadan salah satu bulan yang penuh berkah dan merupakan momen terbaik untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di bulan Ramadan, THR atau Tunjangan Hari Raya menjadi salah satu hal yang paling dinantikan. Rasa bahagia saat …