Beli Reksa Dana: Lebih Baik Sekaligus atau Rutin Tiap Bulan?

Mana yang paling bagus cara membeli reksa dana? Beli sekaligus atau rutin tiap bulan?

Setelah sudah yakin untuk berinvestasi di reksadana dan memilih produknya, kita dihadapkan pada dua pilihan cara pembeliannya. Apakah lebih baik membeli sekaligus (dikenal dengan istilah lump sum) atau membeli secara berkala periodical, misalkan setiap bulan.

Sebenarnya dua pilihan tadi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihannya tergantung dari karakter masing-masing investor. Jadi cara yang baik untuk satu investor belum tentu baik juga bagi investor lainnya. Berikut penjelasannya:

Investasi Sekaligus

Cara ini juga dikenal dengan investasi lump sum. Dengan cara ini investor menyetor sejumlah dana besar di awal investasi tanpa melakukan penambahan investasi di tengah hingga akhir periode investasi. Tipe investor ini membiarkan dana tersebut bergerak naik turun mengikuti perkembangan pasar.

Kelebihan cara berinvestasi seperti ini adalah kemungkinan hasil investasi yang lebih besar. Dengan  catatan, asumsi nilai produk reksadananya terus mengalami kenaikan.

Hasil (return) investasi akan semakin besar didapat jika waktu pembelian (timing) pembelian produk reksadana tepat yakni saat harga produk reksadananya sedang di titik terendahnya. Namun, posisi terendah ini tidak selalu dapat diprediksi dengan baik.

Hal sebaliknya yang merupakan kelemahan cara ini adalah jika melakukan investasi di waktu yang tidak tepat alias saat harga produk reksadana sedang tinggi maka ketika harga reksadananya mengalami penurunan maka kerugian yang dialaminya akan lebih besar.

Karena sulitnya mengetahui waktu yang tepat (timing) pembelian produk reksadana ini, cara berinvestasi seperti ini cocok untuk investor yang memiliki orientasi waktu yang panjang dan harus siap menghadapi risiko penurunan harga.

Investasi Berkala

Cara berinvestasi seperti ini, investor membeli produk reksadana secara teratur dengan nominal investasi yang sama tanpa melihat kondisi pasar sedang naik atau sedang turun. Kunci dari cara investasi ini adalah disiplin dan konsisten. Biasanya cara ini diterapkan dengan pembayaran autodebet dengan mendaftar ke rekening bank milik investor.

Pilihan ini cocok untuk investor yang fokus untuk mencapai tujuan investasinya tanpa harus melihat apakah pasar sedang naik atau turun.  Biasanya tidak tercapainya tujuan investasi disebabkan karena investor tidak konsisten melakukan pembelian investasinya.

Kelemahannya cara berinvestasi ini bisa saja keuntungannya tidak sebesar dengan cara investasi sekaligus (jika timing investasinya pas saat harga rendah). Tapi bagi investor pemula yang belum tahu pergerakan pasar, disarankan lebih memilih cara investasi secara berkala ini.

Jadi, bicara berinvestasi di reksadana ini memang sesuai dengan karakter masing-masing tiap investor. Kalau kamu lebih cocok yang mana?

Bagi kamu yang masih penasaran dan ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang reksadana syariah SAM ini dapat langsung mengunjungi www.reksadanasam.co.id

 

 

Artikel
Apakah Keuangan Keluargamu Sudah Sehat? Yuk, Simak Cara Mengaturnya

Pemahaman yang benar akan membawa kita pada sikap dan perilaku yang benar pula. Begitu juga dalam hal keuangan. Banyak cara dan manfaat yang akan dirasakan saat memahami bagaimana mengatur keuangan keluarga dengan baik. Penelitian menunjukkan bahwa permasalahan dalam keuangan adalah masalah umum yang sering terjadi dalam keluarga. Keuangan adalah topik …

Artikel
SAM AUTOPLAN: Fitur Terbaru Dari Aplikasi ReksadanaSAM

Investasi merupakan sebuah aktivitas penanaman uang atau modal berupa aset berharga dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa depan. Investasi lebih dari sekedar menabung, sehingga kita perlu memiliki aset investasi untuk kebutuhan di masa depan. Salah saatu jenis investasi yang mudah dan terjangkau modal awalnya adalah reksa dana. Aplikasi ReksadanaSAM merupakan …

Artikel
Ingin Travelling di Tahun Depan? Simpan Dana Liburan Pada Investasi Ini

Setiap orang tentu butuh berlibur untuk terbebas dari kejenuhan rutinitas yang ada. Beberapa penelitian menyatakan kalau liburan membawa manfaat yang baik untuk kesehatan mental, seperti menghilangkan stres, meningkatkan mood dan menambah kreativitas. Banyak orang yang pergi beranggapan bahwa pergi berlibur dan melakukan travelling merupakan aktivitas spontan. Sehingga tidak jarang orang …