Mengenal Reksa Dana Indeks ETF – SRI KEHATI

Pada negara yang sudah maju dunia finansial dan investasinya, umumnya pamor ETF jauh mengalahkan reksa dana konvensional terutama reksa dana saham. Seperti apa reksa dana ETF tersebut? Apakah bedanya dengan reksa dana Indeks? Apakah maksudnya SRI Kehati. Mari kita bahas satu-satu ya..

Reksa dana indeks adalah reksa dana yang dikelola untuk mendapatkan hasil investasi yang mirip dengan suatu indeks yang dijadikan acuan.

Contoh, ada reksa dana indeks yang mengacu pada indeks SRI-KEHATI, maka isi portofolio reksa dana tersebut sama dengan saham-saham dalam indeks SRI-KEHATI.

Artinya, ketika kamu membeli reksadana indeks, secara tidak langsung kamu juga membeli semua saham yang tergabung dalam suatu indeks acuan.

Berbeda dengan reksa dana konvensional yang berusaha mengalahkan kinerja indeks acuannya, target reksa dana indeks adalah mengimbanginya.

Indeks SRI-KEHATI merupakan indeks harga saham hasil kerja sama antara PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KEHATI).

SRI adalah kependekan dari Sustainable and Responsible Investment. Indeks ini bertujuan mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik.

ETF  (Exchange Traded Fund) adalah reksa dana yang diperdagangkan di bursa efek. ETF merupakan sebuah produk investasi yang menggabungkan dua karakteristik produk yaitu reksa dana berbentuk terbuka (open ended fund) dengan mekanisme saham dalam hal transaksi jual maupun beli.

ETF dikelola secara pasif, artinya Manajer Investasi biasanya tidak terlalu pusing mau ditaruh di mana investasinya, karena sudah jelas  alokasi ke saham dalam indeks (misalnya indeks SRI-KEHATI) dan bobot yang sudah ditentukan, sehingga ETF menjadi lebih transparan dan mudah diprediksi.

Konsekuensi dari pengelolaan investasi ETF secara pasif adalah biaya ETF jauh lebih murah daripada reksadana saham.

Pada reksadana saham, Manajer Investasi berperan sangat besar dalam menentukan saham apa yang akan dipilih masuk dalam portfolionya.

Kinerja reksa dana saham bisa saja lebih tinggi atau lebih rendah dari ETF, tergantung kemahiran dari MI yang mengelola reksa dana saham.

Samuel Aset Manajemen memiliki reksa dana saham indeks sekaligus ETF yang bisa jadi pilihan, yaitu Reksa Dana Indeks SAM ETF SRI-KEHATI yang diperjualbelikan di BEI dengan kode perdagangan XSSK .

Reksadana ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memperhatikan unsur lingkungan, dampak sosial dan tata kelola perusahaan yang baik.

Untuk kenyamanan berinvestasi, pastikan dulu tujuan keuangan dan profil risiko sebelum memilih produk reksa dana.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Pelajaran Hidup dan Keuangan dari Drakor Start Up

Baru-baru ini ramai drama korea yang sedang hits di kalangan anak muda yang berjudul “Start Up”. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari drama ini, terutama di bidang finansial, seperti: Punya tujuan yang jelas dan tekad yang kuat Hidup sebagai yatim piatu yang penuh tantangan, tanpa keluarga dan tempat tinggal membuat Han …

Artikel
Mengenal RDT : Reksa Dana Terproteksi

Setelah membahas RDPT, sekarang yuk kita pelajari yang namanya RDT atau Reksa Dana Terproteksi.  Karena karakternya yang hampir mirip dengan deposito yang memiliki masa jatuh tempo, membagikan keuntungan secara berkala, serta biasanya nilai pokok investasi masih tetap utuh pada saat jatuh tempo, membuat reksa dana ini cukup diminati oleh para investor terutama investor …

Artikel
Mengenal RDPT : Reksa Dana Penyertaan Terbatas

Selain menempatkan dana investasi pada paper aset, ada pula jenis reksa dana yang menempatkan dana investasi pada sektor riil berupa proyek yaitu Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT). Seperti apa RDPT itu? Reksa Dana Penyertaan Terbatas  (RDPT) adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari pemodal profesional. Manajer Investasi selanjutnya menginvestasikan …