Mengenal Reksa Dana Indeks ETF – SRI KEHATI

Artikel

Pada negara yang sudah maju dunia finansial dan investasinya, umumnya pamor ETF jauh mengalahkan reksa dana konvensional terutama reksa dana saham. Seperti apa reksa dana ETF tersebut? Apakah bedanya dengan reksa dana Indeks? Apakah maksudnya SRI Kehati. Mari kita bahas satu-satu ya..

Reksa dana indeks adalah reksa dana yang dikelola untuk mendapatkan hasil investasi yang mirip dengan suatu indeks yang dijadikan acuan.

Contoh, ada reksa dana indeks yang mengacu pada indeks SRI-KEHATI, maka isi portofolio reksa dana tersebut sama dengan saham-saham dalam indeks SRI-KEHATI.

Artinya, ketika kamu membeli reksadana indeks, secara tidak langsung kamu juga membeli semua saham yang tergabung dalam suatu indeks acuan.

Berbeda dengan reksa dana konvensional yang berusaha mengalahkan kinerja indeks acuannya, target reksa dana indeks adalah mengimbanginya.

Indeks SRI-KEHATI merupakan indeks harga saham hasil kerja sama antara PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KEHATI).

SRI adalah kependekan dari Sustainable and Responsible Investment. Indeks ini bertujuan mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik.

ETF  (Exchange Traded Fund) adalah reksa dana yang diperdagangkan di bursa efek. ETF merupakan sebuah produk investasi yang menggabungkan dua karakteristik produk yaitu reksa dana berbentuk terbuka (open ended fund) dengan mekanisme saham dalam hal transaksi jual maupun beli.

ETF dikelola secara pasif, artinya Manajer Investasi biasanya tidak terlalu pusing mau ditaruh di mana investasinya, karena sudah jelas  alokasi ke saham dalam indeks (misalnya indeks SRI-KEHATI) dan bobot yang sudah ditentukan, sehingga ETF menjadi lebih transparan dan mudah diprediksi.

Konsekuensi dari pengelolaan investasi ETF secara pasif adalah biaya ETF jauh lebih murah daripada reksadana saham.

Pada reksadana saham, Manajer Investasi berperan sangat besar dalam menentukan saham apa yang akan dipilih masuk dalam portfolionya.

Kinerja reksa dana saham bisa saja lebih tinggi atau lebih rendah dari ETF, tergantung kemahiran dari MI yang mengelola reksa dana saham.

Samuel Aset Manajemen memiliki reksa dana saham indeks sekaligus ETF yang bisa jadi pilihan, yaitu Reksa Dana Indeks SAM ETF SRI-KEHATI yang diperjualbelikan di BEI dengan kode perdagangan XSSK .

Reksadana ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memperhatikan unsur lingkungan, dampak sosial dan tata kelola perusahaan yang baik.

Untuk kenyamanan berinvestasi, pastikan dulu tujuan keuangan dan profil risiko sebelum memilih produk reksa dana.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Investor Institusi VS Investor Individu

Oleh Prof. Dr. Budi Frensidy –  Guru Besar Keuangan dan Pasar Modal FEB UI. Di bursa saham Indonesia, investor saham dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Pengelompokan pertama dilakukan berdasarkan asal investor, menjadi investor asing dan domestik. Per akhir Juli 2021 lalu, investor asing yang tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) …

Artikel
Menghindari Jebakan Investasi Bodong

Berinvestasi merupakan pilihan tepat jika kamu ingin meningkatkan aset keuanganmu. Salah satu investasi produk keuangan yang menjadi pilihan banyak orang adalah reksa dana. Namun dalam berinvestasi kamu harus waspada, karena sampai saat ini masih banyak orang yang terpedaya oleh investasi bodong. Investasi bodong adalah penipuan yang berkedok investasi, yang seakan- …

Artikel
Meraih Kebebasan Finansial

Oleh Prof. Dr. Budi Frensidy –  Guru Besar Keuangan dan Pasar Modal FEB UI. Apa bedanya kaya dan makmur? Kaya biasanya didefinisikan sebagai keadaan memiliki aset atau harta yang lebih banyak daripada orang kebanyakan. Sebenarnya, lebih bijak bila mengukur kekayaan sebagai aset bersih yang dimiliki, dikurangi dengan utangnya. Di zaman …