Ingin Travelling di Tahun Depan? Simpan Dana Liburan Pada Investasi Ini

Artikel

Setiap orang tentu butuh berlibur untuk terbebas dari kejenuhan rutinitas yang ada. Beberapa penelitian menyatakan kalau liburan membawa manfaat yang baik untuk kesehatan mental, seperti menghilangkan stres, meningkatkan mood dan menambah kreativitas.

Sebelum melakukan travelling, lakukan perencanaan dengan matang dan menabung sejak jauh-jauh hari. Tentukan tempat, kapan berangkat dan lama waktu travelling, berapa anggarannya, serta di mana akan disimpan dana liburannya. Perhitungan ini penting karena besarnya anggaran bergantung dari jumlah orang yang akan berangkat dan di mana tempat liburan yang dipilih, misalnya luar negeri atau dalam negeri.

Dengan menyiapkan anggaran secara matang dan dana sejak jauh-jauh hari, tidak hanya bermanfaat agar dana liburan tidak melebihi anggaran, tetapi juga dana bisa disiapkan secara optimal.

Liburan yang direncanakan untuk tahun depan, dananya bisa disiapkan dalam beberapa instrumen investasi. Berikut ini beberapa pilihan investasinya yang cocok untuk tujuan keuangan jangka pendek <1-2 tahun.

Logam Mulia
Mudah didapatkan dan nilainya cenderung mengalami kenaikan. Menyimpan emas dalam bentuk logam mulia batangan atau perhiasaan memiliki keuntungan dapat dicairkan kapan saja dan bisa disimpan untuk tujuan jangka pendek atau panjang. Akan tetapi logam mulia rentan terhadap tindak pencurian dan harga belinya cenderung lebih tinggi.

Deposito
Minim risiko dan bunga pendapatan yang cenderung stabil. Perlu diingat bahwa deposito hanya bisa dicairkan pada tenggat waktu atau tenor yang sudah ditentukan. Kalau kamu membutuhkan dana mendesak dan ingin mencairkan deposito sebelum tenor berakhir, kamu akan dikenai penalti. Untuk itu, pilihlah deposito dengan tenor yang dapat diperpanjang secara otomatis.

Reksa Dana Pasar Uang
Sangat terjangkau, risiko relatif lebih rendah, bukan obyek pajak dan cocok untuk pemula yang menyiapkan dana liburan di bawah 1 tahun. Reksa dana pasar uang juga memiliki pergerakan yang cenderung stabil dan memiliki likuiditas yang relatif tinggi sehingga kamu bisa mencairkan dana kapan saja tanpa harus mengkhawatirkan biaya penalti.

Reksa Dana Pendapatan Tetap
Sangat terjangkau, potensi imbal hasil (return) yang relatif lebih tinggi dibanding deposito maupun reksadana pasar uang, dan sangat cocok bagi kamu investor dengan profil konservatif-moderat atau ingin menyiapkan dana liburan di atas 1 tahun sampai 3 tahun.

Persiapkan dana liburanmu dari sekarang. Jangan sampai kamu mengalami kerugian karena tidak berhati-hati dalam memilih investasi.

—-

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Trik Berhemat Belanja Online Agar Lebih Sering Staycation

Selama masa pandemi lalu, banyak orang yang tidak bisa berpergian bahkan untuk beberlanja ke mall terdekat. Sebagai alternatif, mereka melakukan aktifitas belanja online. Dengan kemajuan jaman membuat berbelanja semakin dipermudah dengan hadirnya berbagai e-commerce di Indonesia. Apalagi dengan adanya promo dan diskon, hal tersebut tentu membuat semakin mudah untuk mendapatkan …

Artikel
Frugal Living, Gaya Hidup ala Pesohor Dunia

Tahukah kamu? frugal living merupakan gaya hidup cermat dan hemat. Seseorang yang menerapkan gaya ini cenderung lebih memprioritaskan kebutuhan daripada keinginannya. Frugal living sering berhubungan dengan gaya hidup minimalis, homesteading, suka berinvestasi dan pensiun dini. Gaya hidup frugal living banyak sekali diterapkan oleh para pesohor dunia contohnya seperti Mila Kunis, …

Artikel
Terampil dalam Mengelola Keuangan untuk Karyawan

Bagi kamu yang baru mulai bekerja dan memiliki penghasilan, mengatur keuangan sebenarnya gampang-gampang susah. Terkadang beberapa karyawan mengeluh dengan gaji yang di terima. Semestinya, berapa pun gaji atau pendapatan seorang karyawan harus tetap bisa memenuhi kebutuhannya dengan baik. Sebagai karyawan, kamu sebaiknya sudah memahami bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik …