Kamu Sudah Merencanakan Investasi 2019?

Tahun baru sudah lewat 2 minggu. Apakah kamu sudah mengatur kembali rencana investasi sepanjang tahun 2019? Rencana investasi diperlukan sebagai panduan yg akan dilakukan untuk mencapai impian atau tujuan keuangan.

Rencana yang baik akan terdiri dari jangka waktu dan bagaimana strategi untuk mencapainya. Misalnya impian memiliki rumah. Untuk menyiapkan uang muka atau DPnya kamu perlu merencanakan berapa besar dana yang perlu disisihkan, berapa lama apakah tahun ini, 3 tahun lagi atau 5 tahun lagi. Kemudian strategi investasi apa yang akan dilakukan dan memilih jenis instrumen investasi yang sesuai untuk mencapainya.

Baik masih lajang maupun sudah berkeluarga perlu mengendalikan pengeluaran dan utang agar tidak melebihi penghasilan yang diperoleh setiap bulannya. Idealnya, minimal 10% dari penghasilan dialokasikan untuk investasi. Salah satu investasi yang mudah adalah investasi di reksadana. Selain itu reksa dana juga sangat terjangkau, cukup dengan Rp100 ribu setiap orang sudah bisa berinvestasi.

Siapkan Dana Pensiun, Tenang Di Hari Tua

Setiap orang yang pernah bekerja pasti akan mengalami masa pensiun, namun tidak banyak perusahaan yang mempunyai program pensiun bagi karyawannya. Padahal, pada saat kita tua nanti kita mungkin sudah tidak seproduktif saat masih muda untuk memiliki penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan asumsi masa pensiun rata-rata orang Indonesia yang mencapai …