Perencanaan Keuangan

Lanskap Perencanaan Kuangan Pribadi

Ketrampilan mengelola keuangan diperlukan setiap orang untuk mencapai kemandirian finansial. Kemandirian finansial dapat dimulai dari menyisihkan sebagian uang atau penghasilan yang didapatkan setiap bulannya. Ada enam jenis ketrampilan yang perlu dimiliki setiap orang agar hidup sejahtera dan mencapai Kebebasan Finansial.

  1. Mengelola Pengeluaran. Banyak orang tidak tahu kemana saja gaji sebulan habis. Untuk ditabung nyaris tak bersisa bahkan terbelit hutang, padahal pendapatan meningkat tiap tahun. Mengelola Pengeluaran adalah suatu ketrampilan yang diperlukan untuk mencapai kemandirian finansial. Ketrampilan ini melatih kita membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Empat hal yang perlu dipelajari dalam mengelola pengeluaran yakni: Membuat Anggaran, Menjadi Konsumen Bijak, Memahami Pajak dan Berbagi dengan orang lain.
  2. Mengatur Cicilan. Mengelola utang dan mengatur cicilan merupakan satu ketrampilan yang harus dimiliki setia orang untuk mencapai kemandirian finansial. Tidak masalah punya utang lebih dari satu asalkan tahu cara mengatur pembayaran kredit dan cicilan utang yang benar.
    Kenali jenis utang yang kamu miliki, apakah utang disebabkan keinginan atau kebutuhan. Ada berbagai jenis utang yang dibayar secara mencicil atau kredit, seperti kendaraan bermotor, KPR, Kartu Kredit, dan cicilan kredit lainnya. Sebelum mengambil utang kredit, pertimbangkan kemampuan kamu membayar tagihan ke depannya.
    Cicilan utang bermanfaat untuk membantu kita memiliki aset. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, utang dapat menghancurkan keuangan kita. Kalau sudah terlanjur terjebak hidup dalam utang dan uang kita terbatas, cara pertama adalah berhentilah menambah utang, lakukan penghematan dan fokus dengan strategi melunasi utang.
  3. Menyisihkan Tabungan. Menyisihkan tabungan jangka panjang merupakan ketrampilan menyisihkan dana atau menyimpan sebagian penghasilan yang dimiliki di saat sekarang untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang.
    Ada dua kegiatan yang dapat orang lakukan untuk menjadi sejahtera yaitu dengan jalan menghemat pengeluaran dan mengembangkan kekayaan dengan cara menyisihkan penghasilan.
    Ada banyak pilihan instrumen keuangan dan investasi yang dapat digunakan sebagai kendaraan untuk menuju kesejahteraan, tetapi banyak orang masih cenderung lebih memilih menabung uang di celengan atau rekening bank saja. Belum banyak menyadari pentingnya menyisihkan dana untuk investasi, menabung aset (tanah, emas, rumah), menyiapkan dana pensiun dan simpanan lainnya. Untuk itu, kita perlu melakukan diversifikasi dengan meletakan dana kita ke berbagai jenis aset dan instrumen investasi.
  4. Perlindungan Diri. Proteksi merupakan kentrampilan dalam mengelola uang agar dapat melindungi diri dari masalah keuangan. Hidup penuh risiko yang bisa terjadi pada diri sendiri maupun pada aset-aset yang kita miliki. Musibah dapat berpengaruh pada kondisi keuangan, yang bila tidak melakukan antisipasi dengan memberikan perlindungan sejak dini, dapat menimbulkan dampak finansial.
    Sering kita melupakan alokasi anggaran untuk dana darurat dan asuransi. Risiko finansial yang mungkin sering kita dengar misalnya seseorang jatuh sakit dan membutuhkan biaya besar sehingga harus menjual aset yang dimiliki, atau kisah seseorang kepala keluarga yang tiba-tiba kena PHK dan harus menganggur dalam tempo cukup lama sementara tidak ada dana untuk menanggung nafkah keluarga. Dengan memiliki dana darurat dan asuransi, ada proteksi untuk mengurangi dampak keuangan saat terjadi peristiwa yang tidak diharapkan. Perlindungan diri juga menyangkut menjaga keamaan dari aset, utang dan data-data keuangan lainnya. Kita juga perlu menjaga diri dari perangkap keuangan, seperti terlilit utang karena gaya hidup boros dan kesalahan mengelola uang.
  5. Merencanakan karir adalah proses yang dapat kamu gunakan untuk memilih tujuan karir dan jalur karir serta cara mencapai tujuan-tujuan tersebut.
    Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapat jika sudah merencanakan karir, seperti:
    1. Tahu kapan harusnya dipromosikan. Dan jika belum dipromosikan, kamu dapat melakukan introspeksi atau mencari cara lain.
    2. Dengan skill dan pengalaman yang dimiliki, kamu bisa memulai bisnis sampingan untuk menambah pemasukan.
    3. Dapat memiliki gambaran antara karir, penghasilan dan masa depan keuangan.
    Dengan merencanakan karir dan konsep keuangan akan sangat membantu kamu dalam mewujudkan segala cita-cita dan keinginan di masa depan.
  6. Memahami Konsep Keuangan.  Konsep keuangan diperlukan dalam mencapai kemandirian finansial. Tujuannya adalah agar kamu dapat mengetahui dan paham mengambil strategi yang tepat. Banyaknya kebutuhan dan biaya hidup yang tidak terbatas mengharuskan kita memiliki kemampuan, misalnya:
    1. merencanakan jumlah anggaran untuk suatu tujuan keuangan
    2. kapan perlu berutang? kapan perlu menambah aset pribadi?
    3. memilih produk investasi yang cocok dengan profil risiko.
    4. apakah perlu meningkatkan atau mengurangi porsi investasi? dan strategi keuangan lainnya.
    Ada banyak hal yang harus kamu lakukan dalam merancang konsep keuangan seperti, mulai memikirkan dana untuk investasi untuk keperluan di masa depan seperti biaya pensiun, biaya pendidikan anak, dan keperluan penting lainya.

Inti kemandirian finansial adalah situasi di mana individu itu tidak memiliki ketergantungan dengan uang. Mau membeli apa saja, uang tersedia. Untuk mencapai situasi ideal itu, tetap semuanya harus ada perencanaan dengan menyisihkan sebagian penghasilan untuk investasi. Kuncinya adalah konsisten pada tujuan keuangan yang telah direncanakan dan yakin dapat mengimplementasikannya.

Perencanaan Keuangan
Gaji Cepat Habis? Kesalahan Dalam Mengelola Keuangan

Hati hati dengan pengeluaran yang kecil. Sebuah lubang kecil bisa menenggelamkan kapal yang besar. Mengelola keuangan dengan baik kerap sulit dilakukan oleh kebanyakan orang khususnya para pekerja muda. Kesalahan paling umum biasanya adalah tidak tahu kemana habisnya gaji atau penghasilan. Salah satu penyebabnya karena tuntutan gaya hidup. Kamu sering mengalami …

Perencanaan Keuangan
Kamu Sudah Merencanakan Investasi 2019?

Tahun baru sudah lewat 2 minggu. Apakah kamu sudah mengatur kembali rencana investasi sepanjang tahun 2019? Rencana investasi diperlukan sebagai panduan yg akan dilakukan untuk mencapai impian atau tujuan keuangan. Rencana yang baik akan terdiri dari jangka waktu dan bagaimana strategi untuk mencapainya. Misalnya impian memiliki rumah. Untuk menyiapkan uang …

Perencanaan Keuangan
First Jobber, Yuk Jadikan Investasi Sebagai Gaya Hidup

Saat ini dengan dana Rp. 100.000, siapa pun sudah bisa berinvestasi. Nilai segitu tentunya cukup terjangkau, apalagi jika sudah punya penghasilan tetap sendiri. First jobber yang sudah menerima gaji tiap bulan seharusnya bisa rutin berinvestasi dan menjadikan investasi itu sebagai gaya hidup. Usia muda, biasanya diuntungkan karena nilai investasi yang …