Investasi Reksa Dana

Apa Itu dan Mengapa Memilih Reksadana Syariah?

Masyarakat Indonesia masa kini sudah mulai ‘melek finansial’ alias sudah paham dan sudah menggunakan produk keuangan dan investasi.  Indikatornya jumlah investor di sepanjang tahun 2018 lalu mengalami kenaikan yang signifikan lebih dari 30%.

Contohnya investor reksadana per akhir tahun lalu hampir mencapai jumlah satu juta peserta. Jumlah ini meningkat jauh dari posisi tahun 2017 sebanyak 670.000 investor.

Salah satu alasan investasi reksadana diminati karena banyak pilihan produknya untuk berbagai pilihan resiko dan reksadana juga ada pilihan reksadana syariahnya. Hadirnya reksadana syariah tentu menyesuaikan dengan demografi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim.

Memang apa bedanya reksadana syariah dengan reksadana konvensional?

Perbedaannya  pengelolaan dana di produk reksadana syariah diinvestasikan ke dalam produk investasi saham, obligasi dan instrumen pasar uang yang sesuai dengan ketentuan dengan prinsip syariah Islam. Contohnya seperti saham syariah dan sukuk.

Lebih rincinya, hal yang membedakan reksadana syariah dibanding konvensional adalah akadnya. Akad yang digunakan dalam mekanisme kegiatan reksadana syariah meliputi akad kerja sama (musyarokah), sewa menyewa (ijarah), dan akad bagi hasil (mudharabah). Hal ini tercantum pada Fatwa MUI No 20/DSN-MUI/IV/2001 tentang Pedoman Pelaksanaan Investasi untuk Reksadana Syariah.

Manajer investasi syariah yang mengelola dana produk reksadana syariah tidak hanya diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tapi juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah Majelis Ulama Indonesia (DPS MUI). Jadi, sudah gak perlu diragukan lagi kan soal prinsip syariahnya.

Dengan memilih reksadana syariah kita dapat mencapai tujuan finansial dengan lebih cepat (dibandingkan dengan menabung) tapi tetap dengan cara yang sesuai syariat islam. Adapun tujuan finansial tersebut diantaraya untuk pergi umroh, naik haji atau bisa juga mengumpulkan dana untuk membeli kendaraan bermotor atau rumah sekalipun.

Dengan memilih berinvestasi di produk syariah maka seperti ungkapan bijak yang sering kita dengar: Tujuan yang baik akan lebih baik lagi jika dicapai dengan proses yang baik pula. Momentum bulan Ramadan tahun ini dapat kita manfaatkan untuk mulai mencoba atau mengalihkan investasi kita ke reksadana syariah.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba investasi reksadana syariah bisa melalui perusahaan manajer investasi (MI) syariah yang ada. Salah satunya PT Samuel Aset Manajemen (SAM) yang memiliki banyak pilihan produk reksadana syariah.

SAM memiliki 4 produk reksadana syariah diantaranya Reksadana SAM Dana Likuid Syariah yag berjenis pasar uang; SAM Sukuk Syariah Sejahtera yang berjenis  reksadana pendapatan tetap; SAM Syariah Berimbang yang berjenis reksadana campuran; dan ada SAM Sharia Equity Fund yang aset dasarnya mayoritas saham syariah.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap lagi tentang reksadana syariah SAM atau mencoba membeli produknya dapat langsung mengunjungi www.reksadanasam.co.id

Investasi Reksa Dana
Manfaat dan Risiko Menabung Reksa Dana

Apakah investasi reksa dana bisa dijadikan pilihan alternatif untuk menabung? Ternyata jawabannya adalah bisa! Mengapa demikian? Karena terdapat jenis reksa dana yang memiliki risiko minim seperti tabungan dan deposito, tetapi tetap dapat memberikan potensi keuntungan yang lebih besar dengan dana yang lebih terjangkau dan fleksibel. Reksa dana merupakan salah satu …

Advertorial SAM
Berinvestasi Reksadana Semakin Mudah dengan Online

Anda suka belanja online? Tahu tidak kalau berinvestasi di reksadana sekarang sudah sangat mudah persis seperti berbelanja online. Tak perlu lagi bingung bagaimana proses pembelian reksadana dan pastinya bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja selama memiliki akses internet. Salah satu Manajer Investasi yang menyediakan fasilitas kemudahan ini …

Investasi Reksa Dana
Siapkan Dana Pensiun, Tenang Di Hari Tua

Setiap orang yang pernah bekerja pasti akan mengalami masa pensiun, namun tidak banyak perusahaan yang mempunyai program pensiun bagi karyawannya. Padahal, pada saat kita tua nanti kita mungkin sudah tidak seproduktif saat masih muda untuk memiliki penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan asumsi masa pensiun rata-rata orang Indonesia yang mencapai …