Investasi Reksa Dana

Setelah berkeluarga, ada beberapa pos pengeluaran yang membutuhkan dana besar seperti dana untuk membeli rumah dan mobil. Kebutuhan tersebut akan bertambah bila kita mempunyai anak karena akan ada kebutuhan untuk biaya pendidikan anak.

Biaya pendidikan anak ini akan mahal jika pilihan sekolahnya di swasta. Meski biaya masuk sekolah TK sudah mahal tentu biaya yang paling mahal tentu saat masuk perguruan tinggi karena nominalnya bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran. Nominal tersebut sebesar itu saja biaya untuk di tahun sekarang. Apalagi biaya di tahun-tahun mendatang tentu akan lebih besar lagi. Sudah bisa terbayang?

Bicara biaya pendidikan anak tidak akan selesai jika dibayangkan saja. Mari kita coba berhitung. Misalkan kita ingin kuliahkan anak di salah satu kampus swasta di Bandung dengan biaya masuk sebesar Rp 150 juta di tahun 2019. Sedangkan anak kita saat ini masih sekolah di TK, alias masih 12 tahun lagi (tahun 2031) untuk masuk ke perguruan tinggi.

Kita asumsikan kenaikan biaya pendidikan tiap tahun sebesar 10%.  Berdasarkan prediksi tersebut diperkirakan uang masuk kuliah di kampus yang sama di tahun 2031 menjadi Rp 471 juta. Itu baru masuk uang kuliah satu anak ya. Belum lagi kalau kita memiliki dua atau tiga anak.

Cara terbaik untuk menyiapkan uang masuk kuliah anak dengan menabung di produk  investasi secara rutin. Salah satunya adalah di produk reksadana. Jenis investasi ini direkomendasikan karena memiliki pilihan risiko yang beragam dari risiko rendah dan risiko tinggi. Sesuai dengan prinsip investasi meski risikonya tinggi tapi dapat pula mendatangkan  imbal hasil yang juga tinggi (high risk high return).

Hal yang paling penting, investasi reksadana adalah legal dan diawasi langsung oleh Otoritas  Jasa Keuangan (OJK). Salah satu rekomendasi perusahaan manajer investasi yang menerbitkan reksadana adalah PT Samuel Aset Manajemen (SAM) yang sudah berdiri di Indonesia sejak tahun 1997.  PT SAM juga memiliki 8 jenis produk reksadana baik itu yang konvensional dan syariah.

Pilih Reksadana Saham

Jika tujuan investasi untuk mengumpulkan dana kuliah anak di masa mendatang, maka jenis reksadana yang paling cocok adalah reksadana saham. Produk unggulan reksadana saham PT SAM adalah SAM Indonesian Equity Fund.

Berdasarkan informasi produk reksadana ini per 16 Juni 2019, kinerja produk ini dalam 6 bulan ke belakang sebesar 6,81%. Jika diasumsikan  return tersebut konsisten tiap waktunya maka kita hanya perlu menabung Rp 1,4 juta per bulannya selama 12 tahun maka total dana yang dikumpulkan di akhir menjadi Rp 495 juta.

Apabila nominal tabungan tersebut masih terasa berat, salah satu caranya adalah memulai investasi lebih awal lagi. Misalkan memulai investasi sejak bayi.

Misalkan, saat ini di tahun 2019 umur anak masih 1 tahun. Berarti masih ada waktu 18 tahun lagi untuk masuk perguruan tinggi. Bila target masuk perguruan tinggi masih sama seperti contoh di atas yakni Rp 150 juta maka kebutuhan biaya masuk kuliah anak di tahun 2037 sebesar Rp 834 juta.

Untuk mencapai nominal tersebut dengan investasi di reksadana SAM Indonesian Equity Fund dengan asumsi kinerja yang sama seperti contoh di atas maka kita hanya perlu menabung Rp 950.000 per bulan selama 18 tahun maka akan terkumpul dana Rp 845 juta. Jauh lebih ringan bukan?

Bagi kamu yang masih penasaran dan ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang reksadana syariah SAM ini dapat langsung mengunjungi www.reksadanasam.co.id

Investasi Reksa Dana
Apakah Prospektus dan Fund Fact Sheet Reksa Dana?

Tak kenal maka tak sayang, istilah ini sepertinya berlaku untuk segala bidang termasuk investasi. Kita sebagai investor akan makin sayang dengan produk investasi kita jika kita paham dan kenal betul dengan produknya. Jika kita berinvestasi di reksadana maka cara mengenal tiap produk reksadananya dengan membaca prospektus dan juga laporan berkala …

Investasi Reksa Dana
Kenali Ketentuan Pengalihan Reksadana

Banyak investor reksadana yang belum paham cara melakukan pengalihan (switching) atau bahasa simpelnya menukar produk reksadana A dengan reksadana B yang dikelola Manajer Investasi yang sama. Seperti apa ketentuannya? Investasi di produk reksadana tidak hanya mengenal dua jenis transaksi yakni pembelian dan penjualan. Selain itu ada juga transaksi yang lainnya …

Investasi Reksa Dana
Kapan Bisa Mencairkan Reksa Dana?

Bicara soal produk investasi itu tidak melulu bicara soal menabung atau penyetoran dana, tapi juga harus tahu soal kapan dan bagaimana mencairkan pencairan dana investasinya. Kan tidak lucu, kita begitu rajin untuk mengumpulkan dana investasi namun kebingungan saat mau menjual kembali atau dengan kata lain mencairkannya. Setelah tahu ketentuan pembelian …