Investasi Reksa Dana

Tak kenal maka tak sayang, istilah ini sepertinya berlaku untuk segala bidang termasuk investasi. Kita sebagai investor akan makin sayang dengan produk investasi kita jika kita paham dan kenal betul dengan produknya. Jika kita berinvestasi di reksadana maka cara mengenal tiap produk reksadananya dengan membaca prospektus dan juga laporan berkala (fund fact sheet) reksadana.

Prospektus

Investor reksa dana harus memiliki pemahaman yang jelas tentang produk yang dibelinya karena yang namanya investasi tentunya mengandung risiko. Prospektus Reksa Dana adalah dokumen yang berisi rincian informasi mengenai sebuah produk reksa dana; mulai pembentukan dari reksa dana hingga keterangan mengenai penyebarluasan prospektus dan formulir pembelian unit penyertaan reksa dana serta pembubaran atau likuidasi reksa dana. Isi prospektus juga berisi informasi mengenai Manajer Investasi sebagai pengelola dana dan juga Bank Kustodian tempat menyimpan uang para nasabah reksadana tersebut. Selain itu, prospektus juga berisi kewajiban dan hak investor, informasi risiko dan kebijakan pengelolaan dana reksadana; termasuk biaya-biaya yang dikenakan misal biaya pembelian, biaya penjualan, biaya pengalihan, dan biaya lainnya.

Prospektus ini dapat dicek secara online dan dibaca di masing-masing website produk reksadana. Sebelum mulai investasi di suatu produk reksadana tertentu pun kita diwajibkan membaca dan menyetujui isi dari prsopektus tersebut (biasanya harus diisi dengan tanda check-list). Karena hal ini sudah menjadi ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Fund Fact Sheet

Selain prospektus, investor juga perlu tahu dan membaca keterangan ringkas produk reksadana dalam laporan fund fact sheet. Biasanya fund fact sheet terlambat 1 bulan. Jika sekarang bulan Juli maka fund fact sheet yang terbaru bulan Juni. Berbeda dengan prospektus yang isinya tebal, biasanya fund fact sheet hanya 1- 2 halaman saja, yang berisi rangkuman terkait produk reksadana, seperti :

  • Pada bagian pertama fund fact sheet biasanya berisi informasi mengenai Manajer Investasi termasuk ulasan atau gambaran dari manajer investasi terkait keadaan pasar, sektor industri, ekonomi Indonesia dan ekonomi global.
  • Informasi, tujuan dan kebijakan investasi yang berisi mengenai alokasi aset pengelolaan dananya ditaruh di instrument investasi apa saja. Dari uraian tujuan investasi reksa dana ini nasabah dapat mengetahui jenis reksa dana serta strategi investasi yang dipakai manajer investasi dalam mengelola reksa dana tersebut.
  • Profil produk. Isi dari bagian ini bisa bervariasi, tergantung dari manajer investasi pengelola reksa dana, namun pada umumnya memuat informasi mengenai tanggal penawaran/penerbitan reksa dana. Terdapat juga informasi Jumlah dana kelolaan (assets under management/AUM). Semakin besar nominal dana kelolaannya menunjukkan kepercayaan investor terhadap produk tersebut dan juga manajer investasinya.
  • Alokasi aset kelolaan. Kita sebagai investor dapat mengetahui batasan investasi pada instrument investasi apa saja produk reksa dana tersebut dikelola. 5 Top Holding merupakan lima penempatan portfolio terbesar berdasarkan posisi pada akhir bulan lalu.
  • Di dalam fund fact sheet juga tersedia informasi kinerja historis dengan berbagai satuan waktu, yakni 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, year to date (dari 1 Januari sampai hari ini) 1 tahun, 3 tahun, dan kinerja sejak penerbitan (since inception). Pihak manajer investasi biasanya juga mencantumkan angka CAGR (Compound Annual Growth Rate) yang merupakan angka kinerja (return) yang disetahunkan. Angka ini kemudian dapat diperbandingkan dengan instrumen investasi yang lain.

    Untuk mempermudah nasabah melihat kinerja produk reksadana, umumnya data juga disajikan dalam bentuk grafik dan table Grafik pertumbuhan. Kemudian ada informasi pembanding kinerja atau performance benchmarking antara produk reksadana dengan suatu indeks. Misalkan jika produk reksadana saham akan dibandingkan dengan kinerja IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) Bursa Efek Indonesia.

Setelah tahu ini, mulai sekarang jangan lupa untuk mengecek dan memahami fund fact sheet produk reksadana SAM ya. Selamat berinvestasi!

Istilah Reksa Dana
Mengenal Istilah-istilah Dalam Reksa Dana (Bagian 3)

Dalam dua artikel sebelumnya kita sudah membahas istilah reksadana terkait produk reksadana, transaksi dan soal resikonya. Dalam artikel ini akan dibahas jenis-jenis reksadana. Secara prinsip ada jenis reksadana yakni reksadana konvensional dan reksadana syariah. Reksadana Konvensional adalah reksadana yang dapat berinvestasi di semua jenis efek keuangan; seperti saham, obligasi, dan …

Istilah Reksa Dana
Mengenal Istilah-istilah Dalam Reksa Dana (Bagian 2)

Kita sudah membahas istilah-istilah produk reksadana di bagian pertama. Berikutnya kita juga harus paham terkait transaksi jual beli reksadana dan risiko yang muncul dalam investasi ini. Apa sajakah itu? Investor yang akan transaksi reksadana akan menemukan istilah subscription dan redemption. Subscription  dapat diartikan sebagai pembelian, sedangkan redemption dapat diartikan sebagai penjualan atau pencairan. Subscription …

Istilah Reksa Dana
Mengenal Istilah-istilah Dalam Reksa Dana (Bagian 1)

Kamu ingin menjadi investor reksa dana? Atau sudah berinvestasi reksa dana tapi tidak punya latar belakang keuangan dan investasi sehingga belum paham sepenuhnya dengan istilah-istilah di dalamnya. Saat Anda membeli produk reksa dana biasanya akan menemui beberapa istilah yang mungkin asing. Berikut penjelasannya, agar Anda makin kenal dan paham soal …