Nabung Ratusan Ribu di Reksadana Syariah Untuk Perjalanan Umroh

Investasi Reksa Dana

Indonesia mayoritas penduduknya beragam islam, secara otomatis masyarakatnya memiliki kebutuhan untuk pergi haji. Karena hal tersebut sudah menjadi kewajiban bagi orang islam yang mampu. Hal tersebut sesuai dengan ajaran agama.

Namun, karena kouta haji terbatas sedangkan  banyak masyarakat yang ingin pergi haji maka ada daftar antrian. Daftar antrian ini berbeda di tiap daerahnya tapi sudah menjadi rahasia umum kalau banyak daerah yang antriannya mencapai belasan tahun.

Biasanya bagi yang tidak sabar menunggu  daftar antrian tersebut ada yang ingin pergi umroh terlebih dahulu. Atau bisa juga, karena sudah pernah pergi haji dan mereka ingin kembali ke tanah suci maka masyarakat memilih pergi umroh.

Saat ini harga rata-rata paket umroh Rp 20 juta. Ditambah uang saku dan biaya lain maka paling tidak kita harus menyiapkan Rp 5 juta lagi. Total Rp 25 juta per orang.  Jika kita ingin mengajak pasangan maka total dana yang disiapka harus Rp 50 juta per orang. Bagi sebagian besar karyawan nominal tersebut terbilang besar, jadi kita perlu menyiapkan terlebih dahulu.

Dibanding harus pinjam uang dan berhutang, lebih baik baik untuk umroh kita siapkan sebelumnya dengan cara berinvestasi.  Karena dengan menabung biaya umroh di produk investasi jadi lebih murah. Lebih baik lagi, produk investasi yang dipilih pun lebih baik yang syariah agar sesuai syariat ajaran islam.

Sudah banyak produk investasi syariah, salah satunya reksadana syariah. Perusahaan manajer investasi syariah yang menerbitkan produk ini pun juga sudah banyak. Salah satunya PT Samuel Aset Manajemen (SAM) yang memilki 4 produk reksadana syariah berbagai jenis.

Salah satu produk unggulannya adalah jenis reksadana syariah pendapatan tetap yang dinamakan SAM Sukuk Syariah Sejahtera. Produk ini pertama kali diperkenalkan pada Februari 2010. Dalam kurun waktu 9 tahun 3 bulan semenjak diperkenalkan tersebut SAM Sukuk Syariah Sejahtera mencatat kinerja 89,69%. Jika dirata-ratakan tiap tahun kinerja produk ini sebesar 9,69%.

Contoh simulasi investasi

Mari kita coba simulasikan bagaimana caranya berinvestasi di reksadana SAM Sukuk Syariah Sejahtera dapat mengamankan dana umroh kita.

Begini simulasinya, saat ini harga paket umroh yang standar adalah Rp 25 juta per orang dan dengan rata-rata inflasi tahunan 4%. Jika kamu ingin berangkat umroh 5 tahun ke depan maka diperkirakan harga paket umroh akan naik sebesar Rp 30,4 juta.

Sedangkan jika ingin pergi umrohnya 10 tahun lagi maka perkiraan harganya menjadi Rp 37 juta. Perkiraan harga paket umroh di masa depan inilah yang akan menjadi target investasi.

Jika kita menggunakan rata-rata return SAM Sukuk Syariah Sejahtera di atas kita hanya perlu menabung Rp 400.000 per bulan selama 5 tahun, nilai investasi kita akan naik menjadi Rp 31,2 juta. Angka ini berarti sudah melebihi prediksi harga paket umroh.

Sedangkan jika kita ingin investasi lebih lama lagi, maka hanya perlu menabung Rp 190.000,- selama 10 tahun akan mendapatkan hasil Rp 38,1 juta. Lebih dari cukup kan?

Jadi, daripada berhutang  dan membayar bunga lebih mahal untuk pergi umroh lebih baik bersabar dulu beberapa tahun tapi bisa berangkat umroh dengan bayar tunai kan.

Bagi kamu yang masih penasaran dan ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang reksadana syariah SAM ini dapat langsung mengunjungi www.reksadanasam.co.id

 

Investasi Reksa Dana
Perhatikan Jam Transaksi Saat Membeli Reksadana

Sebagai seorang investor yang baik, kita dituntut harus tahu kondisi pasar. Selain itu tentu juga harus tahu seperti apa produk investasi dan bagaimana cara kerjanya. Sebagai investor reksadana, jika sudah tahu jenis-jenis produk reksadana, sebaiknya juga paham proses transaksi dalam pembelian dan saat penjualan (pencairan dana) reksa dana. Reksa dana …

Investasi Reksa Dana
Apa yang Harus Dilakukan Jika Nilai Reksadana Turun Terus?

Tujuan kita berinvestasi adalah agar uang yang kita punya bertambah dan tidak tergerus oleh angka inflasi tahunan. Selain itu dengan berinvestasi kita dapat mencapai tujuan keuangan tertentu yang kita targetkan seperti membeli mobil, rumah, biaya ibadah haji atau untuk dana pendidikan anak. Namun perlu kita ingat, yang namanya produk investasi …

Investasi Reksa Dana
Memilih Reksadana yang Cocok dengan Profil Risiko

Berbicara soal investasi, termasuk reksadana itu seperti membahas dua sisi koin. Sisi pertama bicara keuntungan yang akan didapat dan sisi lainnya tentang risiko dari instrumen investasi tersebut. Keduanya tidak dapat dipisahkan. Khusus berinvestasi di reksadana, calon investor sudah dibagi karakternya berdasarkan profil risiko masing-masing investor.  Proses ini disebut KYC (Know …