Pemula Pengen Sukses Berinvestasi? Ketahui Dulu Prinsip Investasi Ini

Artikel

Reksa dana adalah salah satu produk investasi yang praktis, terjangkau dan mudah untuk dimiliki. Semua kegiatan pengelolaannya Manajer investasi yang tentunya telah dibekali keahlian.

Jadi buat kamu yang sibuk dan tidak memiliki waktu atau pengetahun untuk memilih-milih di mana dananya ditempatkan, kamu bisa memilih reksadana sebagai investasi andalan kamu. Tapi sebelum berinvestasi perhatikan beberapa hal-hal penting berikut ya.

1. Investasi adalah sebuah komitmen.
Investasi itu bukan untung-untungan seperti mendapat doorprize atau undian berhadiah. Analoginya seperti menanam pohon yang butuh waktu dan proses agar dapat tumbuh. Perlu komitmen dan kesabaran mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Jangan sepelekan waktu
Berinvestasilah sejak dini karena waktu memegang peranan penting dalam berinvestasi. Gak usah nunggu punya uang banyak baru berinvestasi. Mulailah investasi kecil-kecilan sesuai uang yang dimiliki. Investasi reksa dana mulainya cuma Rp100 ribu aja kok.

3. Pahami investasi. Pilih yang bikin kamu happy dan tidur nyenyak.
Jangan gampang tergiur dengan iming-iming keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Pahami dulu investasi yang akan kamu lakukan. Sesuaikan dengan profil risiko yang bisa kamu terima, sehingga kamu merasa nyaman tidurnya dan tetap happy dalam komitmen invetasi.

4. Pantau investasi
Jangan malas untuk selalu mereview dan mengevaluasi portofolio yang kamu miliki. Situasi pribadi dan keuangan bisa berubah. Selain itu, kinerja investasi juga bisa mempengaruhi tujuan keuangan.

5. Diversifikasi investasi
Melakukan diversifikasi investasi artinya jangan menempatkan seluruh investasi hanya pada satu jenis investasi. Tujuan diversifikasi adalah meminimalkan risiko kerugian sekaligus memberikan peluang keuntungan yang lebih optimal.

6. Jangan menggunakan uang investasi untuk kebutuhan sehari-hari.
Pisahkan uang yang akan digunakan untuk investasi dengan uang yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Gunakan keuntungan investasi untuk menambah modal investasi, atau jika jumlah keuntungan cukup besar gunakan untuk diversifikasi

7. Hindari memulai investasi dari utang
Saat memulai investasi sebaiknya, investasikan berapa saja uang yang kamu miliki, jangan dari utang. Utang punya batas waktu jatuh tempo, sedangkan investasi ada risiko kinerja tidak sesuai yang diharapkan karena dalam investasi tidak dijamin imbal hasilnya. Pastikan kamu juga melunasi dulu utang-utang konsumtif sebelum berinvestasi lebih besar.

8. Lakukan jangka panjang
Punya investasi jangan hanya untuk jangka pendek yang dananya akan diambil dalam 6 bulan sampai 1 tahun ke depan. Potensi keuntungan investasi jangka panjang jauh lebih tinggi berkat efek compounding, dan valuasinya bisa bertambah mengalahkan inflasi.

9. Strategi Investasi.
Berinvestasi secara rutin atau menginvetasikan kembali return investasi yang kamu peroleh adalah salah satu strategi untuk mencapai tujuan invetasi kamu. Semakin sering kamu berinvestasi, semakin banyak pula pengalaman yang akan kamu dapatkan.

Action talks louder than words. Semua prinsip-prinsip investasi tadi akan sama aja boong kalau kamu juga belum memulai investasi. Yuk berinvestasi mulai sekarang!

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Investor Institusi VS Investor Individu

Oleh Prof. Dr. Budi Frensidy –  Guru Besar Keuangan dan Pasar Modal FEB UI. Di bursa saham Indonesia, investor saham dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Pengelompokan pertama dilakukan berdasarkan asal investor, menjadi investor asing dan domestik. Per akhir Juli 2021 lalu, investor asing yang tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) …

Artikel
Menghindari Jebakan Investasi Bodong

Berinvestasi merupakan pilihan tepat jika kamu ingin meningkatkan aset keuanganmu. Salah satu investasi produk keuangan yang menjadi pilihan banyak orang adalah reksa dana. Namun dalam berinvestasi kamu harus waspada, karena sampai saat ini masih banyak orang yang terpedaya oleh investasi bodong. Investasi bodong adalah penipuan yang berkedok investasi, yang seakan- …

Artikel
Meraih Kebebasan Finansial

Oleh Prof. Dr. Budi Frensidy –  Guru Besar Keuangan dan Pasar Modal FEB UI. Apa bedanya kaya dan makmur? Kaya biasanya didefinisikan sebagai keadaan memiliki aset atau harta yang lebih banyak daripada orang kebanyakan. Sebenarnya, lebih bijak bila mengukur kekayaan sebagai aset bersih yang dimiliki, dikurangi dengan utangnya. Di zaman …