Empat Alasan Kenapa Pemula Harus Coba Reksadana

Masyarakat modern sudah sangat melek dengan produk keuangan begitu juga dengan produk investasi. Banyak ragam investasi yang ada di pasaran mulai dari produk bank hingga tawaran yang lagi marak dari perusahaan finansial teknologi (fintek) yakni peer to peer landing.

Meski investasi itu mengejar cuan dan banyak pilihan di pasaran, investasi itu harus yang legal dan dilindungi pemerintah (dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan/OJK). Investasi di reksadana menjadi opsi yang tepat di saat tetap mengejar return investasi yang tinggi tapi juga aman dan legal. Berikut 4 alasan kenapa pemula harus coba investasi di reksadana.

1. Mulai dari nominal kecil dan rutin

Sebagai pemula pasti inginnya coba-coba. Dalam hal coba-coba investasi untuk pertama kali sudah pasti nominalnya kalau bisa seminim mungkin. Dalam investasi reksadana kalian dapat memulai investasi dari nominal Rp 100.000,- saja. Cukup terjangkau kan!

Tidak itu saja, investasi  di reksadana memungkinkan kalian untuk melakukan autodebet tiap bulan. Caranya saat pendaftaran buka akun di perusahaan manajer investasi sekalian isi formulir autodebet. Dengan begitu kalian akan mulai disipilin untuk berinvestasi.

2. Mudah dipahami daripada harus invest saham langsung

Dengan investasi di reksadana, kalian tidak perlu khawatir tentang pengelolaan dana. Alasannya dana kalian berada di tangan yang tepat yakni perusahaan manajer investasi (MI). Tinggal para MI ini yang akan melaporkan kinerja produk reksadananya tiap bulan, contohnya dana yang dikelola ditaruh di instrument investasi apa saja misalkan dibelikan obligasi atau surat utang apa, atau kalau dibelikan saham dibelanjakan saham apa saja.

Beda situasi jika kalian harus investasi langsung di saham. Kalian harus standby melihat pergerakan harga jual beli saham tertentu. Belum lagi jika sudah awal tahun, kalian harus mengecek laporan/kinerja keuangan perusahaan tertentu agar bisa tahu prospek perusahaan tersebut ke depan.

3. Banyak pilihannya dan cocok untuk ragam karakter

Investasi reksadana menawarkan banyak pilihan, dari yang risikonya rendah hingga risiko tinggi. Tinggi rendahnya risiko ini segaris lurus dengan potensi keuntungan yang didapat. Makin besar risikonya makin besar juga imbal hasil (return) yang didapat.

Produk reksadana dengan risiko paling rendah adalah reksadana pasar uang. Jenis ini menempatkan investasinya 100% pada instrument pasar uang antara lain deposito, sertifikat Bank Indonesia dan obligasi yang jatuh tempo kurang dari setahun. Berikutnya ada reksadana pendapatan tetap, jenis ini investasinya  ditempatkan sebagian kecil (max 20%) di pasar uang dan sisanya ditempatkan di surat utang yang jatuh tempo di atas 1 tahun.

Sedangkan dua produk reksadana yang risikonya tinggi ada reksadana campuran yang penempatan investasinya di beberapa tempat sekaligus mencakup saham, surat utang juga termasuk pasar uang. Reksadana yang memiliki risiko paling besar adalah reksadana saham karena sebagian besar (max 80%) investasinya di saham.

Dengan banyaknya pilihan tentu akan memudaahkan pemula untuk memilih investasi di reksadana kan.

 4. Resmi dan dilindungi OJK

Bicara legalitas dan keamanan, produk reksadana sudah tidak perlu dikhawatirkan. Keberadaan reksadana sudah diakui undang-undang. Penjelasan reksadana ada di UU Pasar Modal No 8 Tahun 1995 pasal 1 ayat (27). Saat ini produk reksadana selalu diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tidak lama setelah adanya UU ini produk reksadana di Indonesia pertama kali hadir. Makin ke sini semakin banyak perusahaan manajer investasi (MI) yang menawarkan produk reksadana. Salah satunya PT Samuel Aset Manajemen (SAM) yang sudah berdiri di Indonesia sejak tahun 1997. Untuk informasi lebih lengkap tentang produk reksadana SAM dapat mengunjungi www.reksadanasam.co.id

 

Uncategorized
Reksa Dana Syariah: Pilihan Tepat untuk Investor Muslim

Di era digital ini, investasi menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan dan melindungi nilai kekayaan. Bagi investor Muslim yang ingin mengembangkan dananya dengan cara yang halal dan etis, Reksa Dana Syariah menjadi pilihan tepat. Apa itu Reksa Dana Syariah? Reksa Dana Syariah mulai dikenal di Indonesia pada bulan Juli 1997 …

Uncategorized
Punya Investasi Bersama Pasangan, Kenapa Tidak?

Membicarakan keuangan dengan pasangan memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang sehat dan keberlanjutan. Membahas keuangan dan investasi bersama pasangan yang ingin melangkah ke tahapan yang lebih serius  adalah langkah penting untuk menciptakan kestabilan finansial dan membangun masa depan yang lebih baik. Salah satu topik yang wajib diperbicangkan oleh suami-isteri …

Berinvestasi dan Mengelola Uang: Kenapa Harus Punya Rencana dan Tujuan Keuangan?

Tips Praktis Agar Keuanganmu Bisa Sukses!” Pada era modern ini, keberhasilan finansial tidak hanya bergantung pada seberapa banyak uang yang kita hasilkan, tetapi juga pada bagaimana kita mengelola dan mengalokasikan keuangan kita. Investasi dan pengelolaan keuangan yang baik tentunya memerlukan perencanaan yang matang. Dan, sebagai langkah awal yang penting untuk …