Memilih Gaya Hidup Syari’i di Bidang Investasi

Bulan Ramadan bagi banyak orang adalah bulan yang penuh berkah.  Karena di sepanjang bulan ini umat muslim khusyuk melakukan ibadah mulai dari puasa dari subuh sampai salat tarawih di malam hari. Hingga akhirnya ditutup dengan Hari Raya Lebaran (1 Syawal) dengan tradisi saling memaafkan di tiap hubungan sosial.

Banyak orang khususnya umat muslim Indonesia yang memanfaatkan momentum bulan Ramadan ini untuk introspeksi diri. Salah satunya ingin melakukan perubahan gaya hidup yang lebih islami di dalam kehidupan sehari-hari.

Bicara gaya hidup yang islami ini tidak semata-mata hanya tampilan fisik saja, tapi juga termasuk penerapan di berbagai aspek kehidupan termasuk di bidang keuangan dan investasi.

Penerapan gaya hidup islami di bidang keuangan dapat diawali dengan disiplin menyisihkan sebagian penghasilan untuk membayar zakat dan sedekah. Setelah itu baru memasuki fase memilih jenis produk keuangan syariah. Mulai dari memilih bank  syariah dan juga jenis investasi syariah.

Sama seperti bank syariah, investasi syariah dipilih karena bebas riba (bunga) sesuai syariat islam. Tidak hanya bebas riba, investasi syariah juga harus patuh pada prinsip-prinsip diantaranya tidak melibatkan unsur bersifat judi, spekulatif/penipuan, gratifikasi, merugikan orang lain dan lainnya. Intinya konsep investasi syariah adalah investasi yang didasarkan pada ajaran islam yang berlandaskan kejujuran, ketulusan, saling percaya, dan tanpa paksaan.

Pilihan investasi syariah bidang keuangan di Indonesia ada beberapa pilihan deposito bank syariah, sukuk, pasar modal syariah dan juga reksadana syariah. Semua produk investasi tersebut sudah dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) asal lembaga keuangannya sudah terdaftar di OJK.

Dari sekian banyak pilihan produk investasi syariah tersebut ada satu jenis investasi yang cocok bagi semua kalangan yakni  reksadana syariah. Alasannya reksadana syariah memilih ragam produk dengan tingkat risiko yang berbeda.

Jika berani dengan risiko investasi yang tinggi dan juga hasil investasi yang tinggi maka bisa pilih reksadana saham syariah. Untuk kamu yang tipenya moderat (sedang-sedang saja) bisa memilih reksadana campuran syariah. Sedangkan bagi kamu tipe yang cari aman bisa memilih reksadana pasar uang syariah.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba investasi reksadana syariah bisa melalui perusahaan Manajer Investasi (MI) yang ada. Salah satunya PT Samuel Aset Manajemen (SAM). SAM memiliki 4 produk reksa dana (RD) yang berbasis syariah, yakni:

  • SAM Sharia Equity Fund (RD saham)
  • SAM Syariah Berimbang (RD campuran)
  • SAM Sukuk Syariah Sejahtera (RD pendapatan tetap)
  • SAM Dana Likuid Syariah (RD pasar uang).

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang reksadana syariah SAM ini dapat langsung mengunjungi www.reksadanasam.co.id

Uncategorized
Reksa Dana Syariah: Pilihan Tepat untuk Investor Muslim

Di era digital ini, investasi menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan dan melindungi nilai kekayaan. Bagi investor Muslim yang ingin mengembangkan dananya dengan cara yang halal dan etis, Reksa Dana Syariah menjadi pilihan tepat. Apa itu Reksa Dana Syariah? Reksa Dana Syariah mulai dikenal di Indonesia pada bulan Juli 1997 …

Uncategorized
Punya Investasi Bersama Pasangan, Kenapa Tidak?

Membicarakan keuangan dengan pasangan memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang sehat dan keberlanjutan. Membahas keuangan dan investasi bersama pasangan yang ingin melangkah ke tahapan yang lebih serius  adalah langkah penting untuk menciptakan kestabilan finansial dan membangun masa depan yang lebih baik. Salah satu topik yang wajib diperbicangkan oleh suami-isteri …

Berinvestasi dan Mengelola Uang: Kenapa Harus Punya Rencana dan Tujuan Keuangan?

Tips Praktis Agar Keuanganmu Bisa Sukses!” Pada era modern ini, keberhasilan finansial tidak hanya bergantung pada seberapa banyak uang yang kita hasilkan, tetapi juga pada bagaimana kita mengelola dan mengalokasikan keuangan kita. Investasi dan pengelolaan keuangan yang baik tentunya memerlukan perencanaan yang matang. Dan, sebagai langkah awal yang penting untuk …