Investasi Reksadana Syariah di Bulan Penuh Berkah

Apa Itu dan Mengapa Memilih Reksadana Syariah?

Masyarakat Indonesia masa kini sudah mulai ‘melek finansial’ alias sudah paham dan sudah menggunakan produk keuangan dan investasi.  Indikatornya jumlah investor di sepanjang tahun 2018 lalu mengalami kenaikan yang signifikan lebih dari 30%.

Contohnya investor reksadana per akhir tahun lalu hampir mencapai jumlah satu juta peserta. Jumlah ini meningkat jauh dari posisi tahun 2017 sebanyak 670.000 investor.

Salah satu alasan investasi reksadana diminati karena banyak pilihan produknya untuk berbagai pilihan resiko dan reksadana juga ada pilihan reksadana syariahnya. Hadirnya reksadana syariah tentu menyesuaikan dengan demografi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim.

Memang apa bedanya reksadana syariah dengan reksadana konvensional?

Perbedaannya  pengelolaan dana di produk reksadana syariah diinvestasikan ke dalam produk investasi saham, obligasi dan instrumen pasar uang yang sesuai dengan ketentuan dengan prinsip syariah Islam. Contohnya seperti saham syariah dan sukuk.

Lebih rincinya, hal yang membedakan reksadana syariah dibanding konvensional adalah akadnya. Akad yang digunakan dalam mekanisme kegiatan reksadana syariah meliputi akad kerja sama (musyarokah), sewa menyewa (ijarah), dan akad bagi hasil (mudharabah). Hal ini tercantum pada Fatwa MUI No 20/DSN-MUI/IV/2001 tentang Pedoman Pelaksanaan Investasi untuk Reksadana Syariah.

Manajer investasi syariah yang mengelola dana produk reksadana syariah tidak hanya diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tapi juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah Majelis Ulama Indonesia (DPS MUI). Jadi, sudah gak perlu diragukan lagi kan soal prinsip syariahnya.

Dengan memilih reksadana syariah kita dapat mencapai tujuan finansial dengan lebih cepat (dibandingkan dengan menabung) tapi tetap dengan cara yang sesuai syariat islam. Adapun tujuan finansial tersebut diantaraya untuk pergi umroh, naik haji atau bisa juga mengumpulkan dana untuk membeli kendaraan bermotor atau rumah sekalipun.

Dengan memilih berinvestasi di produk syariah maka seperti ungkapan bijak yang sering kita dengar: Tujuan yang baik akan lebih baik lagi jika dicapai dengan proses yang baik pula. Momentum bulan Ramadan tahun ini dapat kita manfaatkan untuk mulai mencoba atau mengalihkan investasi kita ke reksadana syariah.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba investasi reksadana syariah bisa melalui perusahaan manajer investasi (MI) syariah yang ada. Salah satunya PT Samuel Aset Manajemen (SAM) yang memiliki banyak pilihan produk reksadana syariah.

SAM memiliki 4 produk reksadana syariah diantaranya Reksadana SAM Dana Likuid Syariah yag berjenis pasar uang; SAM Sukuk Syariah Sejahtera yang berjenis  reksadana pendapatan tetap; SAM Syariah Berimbang yang berjenis reksadana campuran; dan ada SAM Sharia Equity Fund yang aset dasarnya mayoritas saham syariah.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap lagi tentang reksadana syariah SAM atau mencoba membeli produknya dapat langsung mengunjungi www.reksadanasam.co.id

Uncategorized
Reksa Dana Syariah: Pilihan Tepat untuk Investor Muslim

Di era digital ini, investasi menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan dan melindungi nilai kekayaan. Bagi investor Muslim yang ingin mengembangkan dananya dengan cara yang halal dan etis, Reksa Dana Syariah menjadi pilihan tepat. Apa itu Reksa Dana Syariah? Reksa Dana Syariah mulai dikenal di Indonesia pada bulan Juli 1997 …

Uncategorized
Punya Investasi Bersama Pasangan, Kenapa Tidak?

Membicarakan keuangan dengan pasangan memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang sehat dan keberlanjutan. Membahas keuangan dan investasi bersama pasangan yang ingin melangkah ke tahapan yang lebih serius  adalah langkah penting untuk menciptakan kestabilan finansial dan membangun masa depan yang lebih baik. Salah satu topik yang wajib diperbicangkan oleh suami-isteri …

Berinvestasi dan Mengelola Uang: Kenapa Harus Punya Rencana dan Tujuan Keuangan?

Tips Praktis Agar Keuanganmu Bisa Sukses!” Pada era modern ini, keberhasilan finansial tidak hanya bergantung pada seberapa banyak uang yang kita hasilkan, tetapi juga pada bagaimana kita mengelola dan mengalokasikan keuangan kita. Investasi dan pengelolaan keuangan yang baik tentunya memerlukan perencanaan yang matang. Dan, sebagai langkah awal yang penting untuk …