Memilih Jenis Reksa Dana Syariah Sesuai Kebutuhan

Kebutuhan dan keinginan manusia amat banyak sedangkan kemampuan finansial kita untuk memenuhi keinginan tersebut ada batasnya. Umumnya kebutuhan manusia dewasa yang membutuhkan dana yang besar itu adalah untuk membeli rumah, biaya sekolah anak, membeli mobil juga liburan ke luar negeri. Bagi yang beragama islam biasanya ada kebutuhan untuk naik haji atau pergi umrah.

Contoh  tujuan yang disebutkan tadi tersebut minimal membutuhkan puluhan juta hingga miliaran rupiah untuk memenuhinya. Tentu dana tersebut sangatlah besar bagi sebagian masyarakat kita kecuali kalau keluarga besar kita adalah konglomerat.

Paling tidak ada empat cara yang bisa ditempuh untuk dapat mencapai tujuan finansial tesebut. Dari cara yang paling mudah adalah hadiah diberi oleh orang lain (seperti menang undian). Selain itu ada cara  yang lainnya seperti berhutang, menabung dan investasi.

Dari empat pilihan tersebut, investasi adalah pilihan terbaik karena tidak perlu utang (bayarnya lebih mahal) dan dapat lebih cepat mengumpulkan dananya dibandingkan dengan menabung. Dari sekian banyak pilihan investasi tersebut, reksadana syariah dapat menjadi pilihan investasi.

Selain lebih berkah karena sesuai syariat islam, alasan investasi di produk reksadana syariah karena memilik banyak pilihan produk.  Berikut 4 jenis reksadana syariah yang umum ada di pasar ritel. Produk ini bisa dipilih untuk mencapai kebutuhan tujuan finansial masing-masing individu.

  • Reksadana Syariah Pasar Uang

Produk ini menaruh keseluruhan dana kelola investasinya di instrument pasar yang berbasis syariah dalam negeri seperti deposito syariah dan sukuk. Karakter produk ini menempatkan dana di instrumen investasi yang jangka waktunya pendek dan memiliko risiko yang rendah.

Reksadana Syariah Pasar Uang cocok untuk memenuhi kebutuhan yang ditargetkan dalam waktu kurang atau sampai 1 tahun. Contohnya untuk memenuhi target dana darurat atau liburan keluarga di tahun depan.

  • Reksadana Syariah Pendapatan Tetap

Produk ini menaruh mayoritas dana kelolaan investasinya di instrument sukuk yang diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia atau korporasi yang memiliki peringkat investment grade minimum BBB. Investasi di sukuk memberikan imbal hasil tetap kepada reksadana selama jangka waktu produk sukuk tersebut ditetapkan.

Sesuai denga namanya, karakter produk ini memberikan kepastian return yang berimplikasi pada tingkat imbal hasil tidak sebesar reksadana campuran atau reksadana saham. Produk ini cocok untuk tujuan keuangan jangka pendek menengah (1 – 3 tahun) yang membutuhkan kepastian dengan risiko rendah. Produk ini bisa dipakai untuk memnuhi target membeli motor atau mobil baru. Dibanding ngutang mending investasi kan?

  • Reksadana Syariah Campuran

Reksadana ini cocok untuk investor yang ingin return investasi yang tinggi tapi masih khawatir akan risiko fluktuasi saham. Karena produk ini menaruh dana kelolaan investasinya campuran antara saham, sukuk, dan juga produk pasar uang.

Karena campuran, return investasi produk ini berada di  tengah-tengah antara pendapatan tetap dan saham. Risiko produk ini juga masuk kategori sedang, maka dari itu produk ini cocok untuk mencapai kebutuhan jangka waktu menengah kisaran 3-5 tahun ke depan. Contohnya untuk mempersiapkan kehamilan & kelahiran anak atau untuk biaya anak sekolah.

  • Reksadana Syariah Saham

Reksadana ini mayoritas dana kelolaannya (hingga 80%) akan ditempatkan di saham syariah yang mengacu pada Daftar Efek Syariah (DES) yang ditetapkan OJK. Sementara sisanya (maksimal 20%) ditempatkan di instrumen investasi pasar uang syariah.

Return reksadana ini termasuk yang paling tinggi diantara produk reksadana syariah lainnya. Kenaikannya bisa lebih dari 10% hingga puluhan persen per tahunnya. Namun hal itu juga diikuti dengan risiko yang tinggi pula.

Produk ini cocok untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang yang di atas 5 tahun. Contohnya untuk biaya kuliah anak atau untuk persiapan dana pensiun.

Setelah membaca penjelasan di atas dan ingin mencoba investasi reksadana syariah bisa melalui perusahaan manajer investasi (MI) yang ada. Salah satunya PT Samuel Aset Manajemen (SAM). Reksadana syariah SAM ada 4 produk yang seperti dijelaskan di atas tadi.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang reksadana syariah SAM ini dapat langsung mengunjungi www.reksadanasam.co.id

Uncategorized
Reksa Dana Syariah: Pilihan Tepat untuk Investor Muslim

Di era digital ini, investasi menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan dan melindungi nilai kekayaan. Bagi investor Muslim yang ingin mengembangkan dananya dengan cara yang halal dan etis, Reksa Dana Syariah menjadi pilihan tepat. Apa itu Reksa Dana Syariah? Reksa Dana Syariah mulai dikenal di Indonesia pada bulan Juli 1997 …

Uncategorized
Punya Investasi Bersama Pasangan, Kenapa Tidak?

Membicarakan keuangan dengan pasangan memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang sehat dan keberlanjutan. Membahas keuangan dan investasi bersama pasangan yang ingin melangkah ke tahapan yang lebih serius  adalah langkah penting untuk menciptakan kestabilan finansial dan membangun masa depan yang lebih baik. Salah satu topik yang wajib diperbicangkan oleh suami-isteri …

Berinvestasi dan Mengelola Uang: Kenapa Harus Punya Rencana dan Tujuan Keuangan?

Tips Praktis Agar Keuanganmu Bisa Sukses!” Pada era modern ini, keberhasilan finansial tidak hanya bergantung pada seberapa banyak uang yang kita hasilkan, tetapi juga pada bagaimana kita mengelola dan mengalokasikan keuangan kita. Investasi dan pengelolaan keuangan yang baik tentunya memerlukan perencanaan yang matang. Dan, sebagai langkah awal yang penting untuk …