Beli Reksa Dana: Lebih Baik Sekaligus atau Rutin Tiap Bulan?

  • By :
  • Category : Uncategorized
  • Tags: ,

Mana yang paling bagus cara membeli reksa dana? Beli sekaligus atau rutin tiap bulan?

Setelah sudah yakin untuk berinvestasi di reksadana dan memilih produknya, kita dihadapkan pada dua pilihan cara pembeliannya. Apakah lebih baik membeli sekaligus (dikenal dengan istilah lump sum) atau membeli secara berkala periodical, misalkan setiap bulan.

Sebenarnya dua pilihan tadi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihannya tergantung dari karakter masing-masing investor. Jadi cara yang baik untuk satu investor belum tentu baik juga bagi investor lainnya. Berikut penjelasannya:

Investasi Sekaligus

Cara ini juga dikenal dengan investasi lump sum. Dengan cara ini investor menyetor sejumlah dana besar di awal investasi tanpa melakukan penambahan investasi di tengah hingga akhir periode investasi. Tipe investor ini membiarkan dana tersebut bergerak naik turun mengikuti perkembangan pasar.

Kelebihan cara berinvestasi seperti ini adalah kemungkinan hasil investasi yang lebih besar. Dengan  catatan, asumsi nilai produk reksadananya terus mengalami kenaikan.

Hasil (return) investasi akan semakin besar didapat jika waktu pembelian (timing) pembelian produk reksadana tepat yakni saat harga produk reksadananya sedang di titik terendahnya. Namun, posisi terendah ini tidak selalu dapat diprediksi dengan baik.

Hal sebaliknya yang merupakan kelemahan cara ini adalah jika melakukan investasi di waktu yang tidak tepat alias saat harga produk reksadana sedang tinggi maka ketika harga reksadananya mengalami penurunan maka kerugian yang dialaminya akan lebih besar.

Karena sulitnya mengetahui waktu yang tepat (timing) pembelian produk reksadana ini, cara berinvestasi seperti ini cocok untuk investor yang memiliki orientasi waktu yang panjang dan harus siap menghadapi risiko penurunan harga.

Investasi Berkala

Cara berinvestasi seperti ini, investor membeli produk reksadana secara teratur dengan nominal investasi yang sama tanpa melihat kondisi pasar sedang naik atau sedang turun. Kunci dari cara investasi ini adalah disiplin dan konsisten. Biasanya cara ini diterapkan dengan pembayaran autodebet dengan mendaftar ke rekening bank milik investor.

Pilihan ini cocok untuk investor yang fokus untuk mencapai tujuan investasinya tanpa harus melihat apakah pasar sedang naik atau turun.  Biasanya tidak tercapainya tujuan investasi disebabkan karena investor tidak konsisten melakukan pembelian investasinya.

Kelemahannya cara berinvestasi ini bisa saja keuntungannya tidak sebesar dengan cara investasi sekaligus (jika timing investasinya pas saat harga rendah). Tapi bagi investor pemula yang belum tahu pergerakan pasar, disarankan lebih memilih cara investasi secara berkala ini.

Jadi, bicara berinvestasi di reksadana ini memang sesuai dengan karakter masing-masing tiap investor. Kalau kamu lebih cocok yang mana?

Bagi kamu yang masih penasaran dan ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang reksadana syariah SAM ini dapat langsung mengunjungi www.reksadanasam.co.id

 

 

Uncategorized
Reksa Dana Syariah: Pilihan Tepat untuk Investor Muslim

Di era digital ini, investasi menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan dan melindungi nilai kekayaan. Bagi investor Muslim yang ingin mengembangkan dananya dengan cara yang halal dan etis, Reksa Dana Syariah menjadi pilihan tepat. Apa itu Reksa Dana Syariah? Reksa Dana Syariah mulai dikenal di Indonesia pada bulan Juli 1997 …

Uncategorized
Punya Investasi Bersama Pasangan, Kenapa Tidak?

Membicarakan keuangan dengan pasangan memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang sehat dan keberlanjutan. Membahas keuangan dan investasi bersama pasangan yang ingin melangkah ke tahapan yang lebih serius  adalah langkah penting untuk menciptakan kestabilan finansial dan membangun masa depan yang lebih baik. Salah satu topik yang wajib diperbicangkan oleh suami-isteri …

Berinvestasi dan Mengelola Uang: Kenapa Harus Punya Rencana dan Tujuan Keuangan?

Tips Praktis Agar Keuanganmu Bisa Sukses!” Pada era modern ini, keberhasilan finansial tidak hanya bergantung pada seberapa banyak uang yang kita hasilkan, tetapi juga pada bagaimana kita mengelola dan mengalokasikan keuangan kita. Investasi dan pengelolaan keuangan yang baik tentunya memerlukan perencanaan yang matang. Dan, sebagai langkah awal yang penting untuk …