Nabung Ratusan Ribu di Reksadana Syariah Untuk Perjalanan Umroh

Indonesia mayoritas penduduknya beragam islam, secara otomatis masyarakatnya memiliki kebutuhan untuk pergi haji. Karena hal tersebut sudah menjadi kewajiban bagi orang islam yang mampu. Hal tersebut sesuai dengan ajaran agama.

Namun, karena kouta haji terbatas sedangkan  banyak masyarakat yang ingin pergi haji maka ada daftar antrian. Daftar antrian ini berbeda di tiap daerahnya tapi sudah menjadi rahasia umum kalau banyak daerah yang antriannya mencapai belasan tahun.

Biasanya bagi yang tidak sabar menunggu  daftar antrian tersebut ada yang ingin pergi umroh terlebih dahulu. Atau bisa juga, karena sudah pernah pergi haji dan mereka ingin kembali ke tanah suci maka masyarakat memilih pergi umroh.

Saat ini harga rata-rata paket umroh Rp 20 juta. Ditambah uang saku dan biaya lain maka paling tidak kita harus menyiapkan Rp 5 juta lagi. Total Rp 25 juta per orang.  Jika kita ingin mengajak pasangan maka total dana yang disiapka harus Rp 50 juta per orang. Bagi sebagian besar karyawan nominal tersebut terbilang besar, jadi kita perlu menyiapkan terlebih dahulu.

Dibanding harus pinjam uang dan berhutang, lebih baik baik untuk umroh kita siapkan sebelumnya dengan cara berinvestasi.  Karena dengan menabung biaya umroh di produk investasi jadi lebih murah. Lebih baik lagi, produk investasi yang dipilih pun lebih baik yang syariah agar sesuai syariat ajaran islam.

Sudah banyak produk investasi syariah, salah satunya reksadana syariah. Perusahaan manajer investasi syariah yang menerbitkan produk ini pun juga sudah banyak. Salah satunya PT Samuel Aset Manajemen (SAM) yang memilki 4 produk reksadana syariah berbagai jenis.

Salah satu produk unggulannya adalah jenis reksadana syariah pendapatan tetap yang dinamakan SAM Sukuk Syariah Sejahtera. Produk ini pertama kali diperkenalkan pada Februari 2010. Dalam kurun waktu 9 tahun 3 bulan semenjak diperkenalkan tersebut SAM Sukuk Syariah Sejahtera mencatat kinerja 89,69%. Jika dirata-ratakan tiap tahun kinerja produk ini sebesar 9,69%.

Contoh simulasi investasi

Mari kita coba simulasikan bagaimana caranya berinvestasi di reksadana SAM Sukuk Syariah Sejahtera dapat mengamankan dana umroh kita.

Begini simulasinya, saat ini harga paket umroh yang standar adalah Rp 25 juta per orang dan dengan rata-rata inflasi tahunan 4%. Jika kamu ingin berangkat umroh 5 tahun ke depan maka diperkirakan harga paket umroh akan naik sebesar Rp 30,4 juta.

Sedangkan jika ingin pergi umrohnya 10 tahun lagi maka perkiraan harganya menjadi Rp 37 juta. Perkiraan harga paket umroh di masa depan inilah yang akan menjadi target investasi.

Jika kita menggunakan rata-rata return SAM Sukuk Syariah Sejahtera di atas kita hanya perlu menabung Rp 400.000 per bulan selama 5 tahun, nilai investasi kita akan naik menjadi Rp 31,2 juta. Angka ini berarti sudah melebihi prediksi harga paket umroh.

Sedangkan jika kita ingin investasi lebih lama lagi, maka hanya perlu menabung Rp 190.000,- selama 10 tahun akan mendapatkan hasil Rp 38,1 juta. Lebih dari cukup kan?

Jadi, daripada berhutang  dan membayar bunga lebih mahal untuk pergi umroh lebih baik bersabar dulu beberapa tahun tapi bisa berangkat umroh dengan bayar tunai kan.

Bagi kamu yang masih penasaran dan ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang reksadana syariah SAM ini dapat langsung mengunjungi www.reksadanasam.co.id

 

Uncategorized
Reksa Dana Syariah: Pilihan Tepat untuk Investor Muslim

Di era digital ini, investasi menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan dan melindungi nilai kekayaan. Bagi investor Muslim yang ingin mengembangkan dananya dengan cara yang halal dan etis, Reksa Dana Syariah menjadi pilihan tepat. Apa itu Reksa Dana Syariah? Reksa Dana Syariah mulai dikenal di Indonesia pada bulan Juli 1997 …

Uncategorized
Punya Investasi Bersama Pasangan, Kenapa Tidak?

Membicarakan keuangan dengan pasangan memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang sehat dan keberlanjutan. Membahas keuangan dan investasi bersama pasangan yang ingin melangkah ke tahapan yang lebih serius  adalah langkah penting untuk menciptakan kestabilan finansial dan membangun masa depan yang lebih baik. Salah satu topik yang wajib diperbicangkan oleh suami-isteri …

Berinvestasi dan Mengelola Uang: Kenapa Harus Punya Rencana dan Tujuan Keuangan?

Tips Praktis Agar Keuanganmu Bisa Sukses!” Pada era modern ini, keberhasilan finansial tidak hanya bergantung pada seberapa banyak uang yang kita hasilkan, tetapi juga pada bagaimana kita mengelola dan mengalokasikan keuangan kita. Investasi dan pengelolaan keuangan yang baik tentunya memerlukan perencanaan yang matang. Dan, sebagai langkah awal yang penting untuk …