Baru Lulus Kuliah, Gimana Ngatur Keuangannya ya?

Waktu masa kuliah dulu, keuanganmu sebagian besar atau bahkan seluruhnya masih ditopang oleh orang tua.  Nah setelah kamu lulus, kamu tentu gengsi dong kalau harus terus-terusan minta pada orang tua? Mungkin kamu sekarang lagi berjuang untuk punya pekerjaan dan penghasilan tetap, dan keuangan kamu gak stabil. Mumpung kamu baru akan start punya penghasilan sendiri, ini adalah waktu yang tepat untuk kamu memulai merencanakan keuangan pribadi kamu sendiri agar mencapai impian-impian kamu di masa depan.

Mumpung kamu baru lulus, saatnya kamu untuk langsung memulai investasi. Investasi yang paling mudah dan murah adalah reksa dana karena untuk memulainya hanya dengan menyisihkan uangmu mulai Rp 100ribu. Di reksa dana, uangmu akan dikelola oleh Manajer Investasi.  Gak perlu takut uangmu hilang. Pasalnya, Manajer Investasi sudah ahli dibidangnya. Jadi, kamu tinggal duduk manis dan biarkan uangmu terus beranak pinak. Asik banget kan?

  • Gunakan sisa uang saku dengan bijak

Coba cek sisa uang saku yang diberikan oleh orang tua. Kalau ortumu kamu masih memberikan uang saku sampai kamu bisa benar-benar mandiri, tidak masalah, tapi kamu harus menggunakan uang tersebut dengan bijak misalnya untuk keperluan  mencari pekerjaan sekaligus menabung.

  • Belajar bikin anggaran keuangan pribadi

Belajar membuat anggaran dan mengatur cash flow akan bikin kamu disiplin dan teroganisir dalam menghabiskan uang. Tapi, kuncinya tetap ada pada dirimu. Bikin anggaran sedetail mungkin tapi kalau kamu masih sulit mengontrol nafsu untuk belanja semuanya akan jadi sia-sia.

  • Jangan anggap sepele pengeluaran kecil

Kita pasti melakukan pengeluaran walaupun untuk hal kecil, misalnya jajan unyu, ngopi cantik, beli game aplikasi, coba kosmetik atau skin baru,  ongkos jalan, parkir plus bensin dan lain-lain. Pengeluaran seperti ini  gak bisa kamu remehkan. Walaupun jumlahnya kecil, tapi kalau tidak terkontrol bisa merusak keuangan kamu. Prioritaskan pengeluaran kamu untuk keperluan masa depan kamu.

  • Punya side job atau side hustle

Side job yang tujuan utamanya adalah mencari pendapatan sampingan, side hustle bertujuan memenuhi kepuasan pribadi melalui kegiatan sesuai minat diri. Keduanya bisa menjadi sumber penghasilan untuk kamu hidup mandiri sampai kamu benar-benar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian atau minat kamu.

  • Mulai berinvestasi untuk tujuan jangka panjang

Buat kamu yg baru mulai kerja justru kamu beruntung kalau sudah memulai rutin berinvestasi jangka panjang sejak muda, karena semakin panjang waktunya investasi potensi imbal hasil yang bisa kamu dapatkan juga akan lebih optimal. 

Siapkan Dana Pensiun, Tenang Di Hari Tua

Setiap orang yang pernah bekerja pasti akan mengalami masa pensiun, namun tidak banyak perusahaan yang mempunyai program pensiun bagi karyawannya. Padahal, pada saat kita tua nanti kita mungkin sudah tidak seproduktif saat masih muda untuk memiliki penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan asumsi masa pensiun rata-rata orang Indonesia yang mencapai …