Tips Jitu dan Bijaksana Menggunakan THR

Bagi umat Islam, bulan Ramadan adalah bulan yang paling dinantikan, karena bulan Ramadan salah satu bulan yang penuh berkah dan merupakan momen terbaik untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Di bulan Ramadan, THR atau Tunjangan Hari Raya menjadi salah satu hal yang paling dinantikan. Rasa bahagia saat mendapatkan THR kerap membuat kita terkadang lalai dan tidak bijak menggunakan uang. Agar tetap bijaksana menggunakan THR, #SahabatSAM perlu mengikuti beberapa tips berikut ini:

Membuat Daftar Kebutuhan Puasa dan Hari Raya.
Buatlah daftar kebutuhan di Hari Lebaran, misalkan membeli baju baru, biaya acara berbuka puasa bersama dan menyediakan penganan hari raya, persiapan anggaran untuk tiket mudik pulang-pergi, menyisihkan uang untuk kiriman hampers, berbagi salam tempel atau tunjangan hari raya untuk para pekerja di rumah, termasuk menyiapkan anggaran rekreasi keluarga besar saat libur hari raya. Jangan lupakan juga kewajiban zakat, infaq dan sedekah di bulan suci ini. Semua daftar kebutuhan anggaran tersebut bisa membantu #SahabatSAM agar lebih bijaksana mengelola keuangan saat Lebaran.

Manfaatkan Momentum SALE atau Diskon
Lebaran biasanya identik dengan banyak penawaran promo dan diskon khusus, seperti Midnight Sale, Voucher Diskon, Flash Sale dan lain-lain. Dengan memanfaatkan momen tersebut membuat pengeluaran menjadi lebih hemat. Jadi, gunakanlah momen tersebut untuk membantu meminimalisir keuangan yang berlebihan.

Hemat Saat Mudik
Tradisi mudik saat hari Raya Idul Fitri memang masih melekat dalam tradisi masyakarakat Indonesia yang masih memiliki kampung halaman. Anda bisa memesan tiket dari jauh-jauh hari mengantisipasi terjadinya peningkatatan lonjakan harga tiket.

Maksimalkan THR dengan Berinvestasi
THR memang sebaiknya digunakan untuk menunjang kebutuhan-kebutuhan hari raya, tetapi ada baiknya bila THR tidak langsung dihabiskan. Di saat pandemi yang masih belum sepenuh berakhir dan adanya potensi inflasi yang tinggi, ada baiknya dana THR dialokasikan juga untuk investasi. Investasi akan berguna untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Sebelum berinvestasi, pelajari instrumen investasi terlebih dahulu dengan membaca buku atau mendengarkan podcast keuangan yang terpercaya serta, melakukan riset dan analisis. Pahami potensi risiko dan keuntungan yang didapat. Salah satu instrumen investasi bagi pemula yang bisa Anda pelajari adalah reksa dana.

Itu dia beberapa tips agar lebih bijaksana menggunakan uang saat lebaran. Semoga dengan adanya beberapa tips ini memudahkan #SahabatSAM untuk mengelolanya dengan bijaksana sehingga berlebaran terasa semakin menyenangkan.

===

Ingin berinvestasi reksa dana online?
PT Samuel Aset Manajemen (SAM) adalah perusahaan Manajer Investasi nasional yang telah berdiri sejak tahun 1997, yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). SAM menyediakan layanan transaksi reksa dana online di aplikasi ReksadanaSAM.

DISCLAIMER​
INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. CALON INVESTOR WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI MELALUI REKSA DANA. KINERJA MASA LALU TIDAK MENCERMINKAN KINERJA MASA DATANG.

Siapkan Dana Pensiun, Tenang Di Hari Tua

Setiap orang yang pernah bekerja pasti akan mengalami masa pensiun, namun tidak banyak perusahaan yang mempunyai program pensiun bagi karyawannya. Padahal, pada saat kita tua nanti kita mungkin sudah tidak seproduktif saat masih muda untuk memiliki penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan asumsi masa pensiun rata-rata orang Indonesia yang mencapai …