Terampil dalam Mengelola Keuangan untuk Karyawan

Bagi kamu yang baru mulai bekerja dan memiliki penghasilan, mengatur keuangan sebenarnya gampang-gampang susah. Terkadang beberapa karyawan mengeluh dengan gaji yang di terima. Semestinya, berapa pun gaji atau pendapatan seorang karyawan harus tetap bisa memenuhi kebutuhannya dengan baik.

Sebagai karyawan, kamu sebaiknya sudah memahami bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik dan tepat. Dengan mengelola keuangan yang baik, kamu akan memiliki kehidupan yang damai tanpa harus terganggu oleh masalah keuangan. Dengan begitu, sebagai karyawan kamu akan lebih fokus dalam bekerja dan dapat mengoptimalkan kemampuan untuk perusahaan. Yuk, ikuti beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai karyawan yang terampil dalam mengelola keuangan.

  • Bawa Bekal dari Rumah

Banyak sekali manfaat membawa bekal dari rumah. Salah satunya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk makan siang. Makanan yang kamu santap, pastinya lebih bergizi dan bersih. Kamu juga tidak perlu menghabiskan waktu istirahat hanya untuk mencari makan. Dengan begitu, kamu dapat menikmati waktu istirahat dengan nyaman dan tidak perlu terburu-buru. 

  • Naik Transportasi Umum

Ketahui tarif angkutan umum pastinya lebih murah dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. Sebab dengan menggunakan kendaraan pribadi kamu harus menyiapkan dana untuk bensin, tol, parkir dan sebagainya. Jika kamu menggunakan kendaraan umum, selain murah kamu juga tinggal duduk manis sampai tempat tujuan tanpa harus menguras tenaga untuk menyetir.

  • Hindari Pinjaman Online

Dengan kemajuan zaman sekarang ini, membuat hidup menjadi mudah dan serba instan. Beberapa karyawan tergiur dengan proses transaksi yang instant dalam mendapatkan uang. Yang perlu kamu ketahui, hal tersebut bisa menjadi bumerang di kemudian hari. Pasalnya, pinjaman online memiliki bunga yang cukup tinggi dan data yang kita miliki kemungkinan bisa bocor. Pinjaman online terkadang melakukan penagihan kepada seluruh nomor kontak di ponsel dan  melakukan penagihan ke kantor dan hal ini bisa menyebabkan  kamu sebagai karyawan dapat kehilangan pekerjaan.

Sebagai karyawan yang cerdas keuangan, ada baiknya kamu mulai berinvestasi. Investasi yang mudah dan murah, serta tidak memerlukan waktu banyak bagi karyawan adalah Reksa Dana. Kamu cukup mempercayakan dana investasi pada Manajer Investasi yang terpercaya dan memulai investasi Reksadana secara online melalui Aplikasi ReksadanaSAM untuk mempermudah kamu memantau perkembangan nilai investasimu.

—-

Siapkan Dana Pensiun, Tenang Di Hari Tua

Setiap orang yang pernah bekerja pasti akan mengalami masa pensiun, namun tidak banyak perusahaan yang mempunyai program pensiun bagi karyawannya. Padahal, pada saat kita tua nanti kita mungkin sudah tidak seproduktif saat masih muda untuk memiliki penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan asumsi masa pensiun rata-rata orang Indonesia yang mencapai …