Frugal Living, Gaya Hidup ala Pesohor Dunia

Tahukah kamu? frugal living merupakan gaya hidup cermat dan hemat. Seseorang yang menerapkan gaya ini cenderung lebih memprioritaskan kebutuhan daripada keinginannya. Frugal living sering berhubungan dengan gaya hidup minimalis, homesteading, suka berinvestasi dan pensiun dini.

Gaya hidup frugal living banyak sekali diterapkan oleh para pesohor dunia contohnya seperti Mila Kunis, Ed Sheeran, Lady Gaga, Keanu Reeves, juga Leonardo DiCaprio. Tak hanya itu beberapa artis di Indonesia juga banyak yang menerapkan gaya hidup frugal living seperti Cinta Laura, Amanda Manopo, Desi Anwar, dan Raditya Dika.

Banyak alasan yang mendasari mereka menerapkan gaya hidup frugal living. Salah satunya adalah mereka berusaha untuk lebih memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan. Mereka sadar bahwa nilai dari suatu barang bisa difungsikan dengan baik apabila digunakan dengan bijaksana, dan berinvestasi merupakan hal yang penting untuk mereka dilalukan.

Terkadang orang banyak salah mengartikan frugal living sama saja dengan pelit, padahal hal tersebut sangatlah berbeda. Orang pelit cenderung fokus pada keuntungan tanpa mempertimbangkan kualitas atau faktor lain. Sementara, frugal living lebih fokus dalam mendapatkan nilai terbaik untuk uang mereka.

Berbeda juga dengan orang yang tidak punya perencanaan keuangan yang baik alias boros. Orang boros akan sering khawatir tentang keuangan mereka untuk 10-20 hari ke depan. Sedangkan, orang frugal cenderung berpikir lebih panjang: Apakah keuangan mereka cukup untuk hidup hingga 10-20 tahun mendatang?

Gaya hidup frugal bisa diterapkan oleh #SahabatSAM yang saat ini ingin memiliki finansial yang lebih sehat ke depannya. Caranya dengan berhemat, berinvestasi dan bijaksana dalam menggunakan barang maupun keuangan. Kamu bisa berinvestasi di aplikasi ReksadanaSAM. Bagi kamu yang pemula, berinvestasi reksa dana tidak mengharuskan punya modal banyak loh. Hanya dengan Rp100 ribu, kamu sudah bisa memulai investasi reksa dana, sehingga kamu bisa level up dan bisa menjalankan frugal living dengan baik.

—-

Siapkan Dana Pensiun, Tenang Di Hari Tua

Setiap orang yang pernah bekerja pasti akan mengalami masa pensiun, namun tidak banyak perusahaan yang mempunyai program pensiun bagi karyawannya. Padahal, pada saat kita tua nanti kita mungkin sudah tidak seproduktif saat masih muda untuk memiliki penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan asumsi masa pensiun rata-rata orang Indonesia yang mencapai …