Ingin Travelling di Tahun Depan? Simpan Dana Liburan Pada Investasi Ini

Setiap orang tentu butuh berlibur untuk terbebas dari kejenuhan rutinitas yang ada. Beberapa penelitian menyatakan kalau liburan membawa manfaat yang baik untuk kesehatan mental, seperti menghilangkan stres, meningkatkan mood dan menambah kreativitas.

Banyak orang yang pergi beranggapan bahwa pergi berlibur dan melakukan travelling merupakan aktivitas spontan. Sehingga tidak jarang orang yang tidak punya rencana pasti akan ke mana saja dan melakukan aktivitas apa saja. Akibatnya, seringkali anggaran liburan menjadi overbudget dan malah berutang karena memakai kartu kredit. Sehabis berlibur bukannya stress hilang, tapi malah pusing memikirkan cara membayar tagihan-tagihan.

Sebelum melakukan travelling, lakukan perencanaan dengan matang dan menabung sejak jauh-jauh hari. Tentukan tempat, kapan berangkat dan lama waktu travelling, berapa anggarannya, serta di mana akan disimpan dana liburannya. Perhitungan ini penting karena besarnya anggaran bergantung dari jumlah orang yang akan berangkat dan di mana tempat liburan yang dipilih, misalnya luar negeri atau dalam negeri.

Dengan menyiapkan anggaran secara matang dan dana sejak jauh-jauh hari, tidak hanya bermanfaat agar dana liburan tidak melebihi anggaran, tetapi juga dana bisa disiapkan secara optimal.

Liburan yang direncanakan untuk tahun depan, dananya bisa disiapkan dalam beberapa instrumen investasi. Berikut ini beberapa pilihan investasinya yang cocok untuk tujuan keuangan jangka pendek <1-2 tahun.

Logam Mulia
Mudah didapatkan dan nilainya cenderung mengalami kenaikan. Menyimpan emas dalam bentuk logam mulia batangan atau perhiasaan memiliki keuntungan dapat dicairkan kapan saja dan bisa disimpan untuk tujuan jangka pendek atau panjang. Akan tetapi logam mulia rentan terhadap tindak pencurian dan harga belinya cenderung lebih tinggi.

Deposito
Minim risiko dan bunga pendapatan yang cenderung stabil. Perlu diingat bahwa deposito hanya bisa dicairkan pada tenggat waktu atau tenor yang sudah ditentukan. Kalau kamu membutuhkan dana mendesak dan ingin mencairkan deposito sebelum tenor berakhir, kamu akan dikenai penalti. Untuk itu, pilihlah deposito dengan tenor yang dapat diperpanjang secara otomatis.

Reksa Dana Pasar Uang
Sangat terjangkau, risiko relatif lebih rendah, bukan obyek pajak dan cocok untuk pemula yang menyiapkan dana liburan di bawah 1 tahun. Reksa dana pasar uang juga memiliki pergerakan yang cenderung stabil dan memiliki likuiditas yang relatif tinggi sehingga kamu bisa mencairkan dana kapan saja tanpa harus mengkhawatirkan biaya penalti.

Reksa Dana Pendapatan Tetap
Sangat terjangkau, potensi imbal hasil (return) yang relatif lebih tinggi dibanding deposito maupun reksadana pasar uang, dan sangat cocok bagi kamu investor dengan profil konservatif-moderat atau ingin menyiapkan dana liburan di atas 1 tahun sampai 3 tahun.

Jika kamu ingin melakukan liburan secara efisien, maka lakukan perencanaan dengan baik termasuk menyiapkan dananya. Dengan begitu, risiko pembengkakan biaya bisa diminimalisir. Persiapkan dana liburanmu di investasi dari sekarang.

Kamu bisa memilih reksa dana sebagai instrumen investasi untuk menyiapkan dana liburanmu. Selalu pahami risiko dalam berinvestasi. Jangan sampai kamu mengalami kerugian karena tidak berhati-hati dalam memilih investasi.

-sgs–

Siapkan Dana Pensiun, Tenang Di Hari Tua

Setiap orang yang pernah bekerja pasti akan mengalami masa pensiun, namun tidak banyak perusahaan yang mempunyai program pensiun bagi karyawannya. Padahal, pada saat kita tua nanti kita mungkin sudah tidak seproduktif saat masih muda untuk memiliki penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan asumsi masa pensiun rata-rata orang Indonesia yang mencapai …