Apakah Keuangan Keluargamu Sudah Sehat? Yuk, Simak Cara Mengaturnya

Pemahaman yang benar akan membawa kita pada sikap dan perilaku yang benar pula. Begitu juga dalam hal keuangan. Banyak cara dan manfaat yang akan dirasakan saat memahami bagaimana mengatur keuangan keluarga dengan baik.

Penelitian menunjukkan bahwa permasalahan dalam keuangan adalah masalah umum yang sering terjadi dalam keluarga. Keuangan adalah topik sensitif yang bisa menjadi masalah yang akan timbul jika kamu dan pasangan tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Tanpa perencanaan keuangan yang baik dapat membuat beberapa kebutuhan-kebutuhan keluarga menjadi tidak terpenuhi. Akibatnya, akan timbul perselihan terus-menerus, dan bisa berujung fatal seperti perceraian. Oleh karena itu, bagaimana cara mengatur keuangan keluarga supaya lebih sehat? Berikut penjelasannya:

  1. Komunikasi pendapatan kepada pasangan
    Jika kamu dan pasanganmu sama-sama bekerja, coba komunikasikan penghasilan keduanya. Kemudian gabung penghasilanmu bersama pasangan supaya pembagian yang akan dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari terpenuhi.
  2. Rencana keuangan yang baik
    Dengan mempunyai rencana keuangan yang baik berarti kamu sudah bisa membagikan sesuai dengan posnya masing-masing. Kamu bisa lakukan dengan menetapkan anggaran belanja secara terperinci dan lebih detail. Jadi, uang yang kamu keluarkan tidak terbuang sia-sia.
  3. Siapkan dana darurat
    Memiliki dana darurat perlu dipersiapkan secara khusus untuk kebutuhan mendadak atau kejadian yang tidak terduga. Dana darurat sebaiknya dalam bentuk tunai atau dapat dicairkan dalam waktu singkat. Tabungan dan reksa dana pasar uang bisa menjadi pilihan menyimpan dana darurat karena imbal hasilnya relatif stabil dan mudah dicairkan dalam waktu singkat.
  4. Proteksi keluarga
    Salah satu proteksi yang bisa dipilih keluarga salah satunya adalah asuransi kesehatan. Dengan asuransi kesehatan dapat memberikan jaminan kepada tertanggung untuk mengganti setiap biaya rumah sakit seperti pengobatan, obat-obatan, dll. Dengan adanya proteksi keuangan keluargamu jadi tidak terganggu.
  5. Investasi
    Terakhir, sebisa mungkin kamu dan pasangan belajar dan memiliki instrumen investasi supaya keuangan keluargamu semakin baik dan lancar. Instrumen investasi yang bisa kamu pilih untuk keluarga adalah reksa dana, salah satunya bisa di ReksadanaSAM.

    Banyak manfaat dari berinvestasi di reksa dana seperti biaya yang relatif terjangkau, dikelola oleh manajer investasi yang professional, aman karena dana disimpan di bank kustodian, dll. Sebelum kamu memilih produk Reksa dana yang tepat, kamu harus memiliki tujuan investasi dalam kurun waktu tertentu, supaya tepat sasaran dan sesuai dengan keinginan yang kamu harapkan.  

Memiliki rencana keuangan bersama tidak hanya membantu kamu dan pasangan untuk sama-sama memiliki tujuan finansial, tapi juga kamu dan pasangan bisa makin harmonis.

Menarik bukan? Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi atau bertanya-tanya seputar investasi atau produk ReksadanaSAM lainnya, bisa mengunjungi www.reksadanasam.co.id atau hubungi Whatsapp (021) 28548 800. Menabung di Reksa Dana? Mengapa tidak!

—–

Siapkan Dana Pensiun, Tenang Di Hari Tua

Setiap orang yang pernah bekerja pasti akan mengalami masa pensiun, namun tidak banyak perusahaan yang mempunyai program pensiun bagi karyawannya. Padahal, pada saat kita tua nanti kita mungkin sudah tidak seproduktif saat masih muda untuk memiliki penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan asumsi masa pensiun rata-rata orang Indonesia yang mencapai …