Tips Supaya Kondisi Keuanganmu Membaik di Tahun 2023, Nomor 3 Wajib Kamu Lakukan

Bagaimana keuanganmu di tahun kemarin? Apakah sudah lebih membaik? Mengatur keuangan perlu kita lakukan agar kita mampu menjalankan sesuai tujuan keuangan yang kita inginkan. Setiap orang pastinya juga ingin keuangannya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. So, simak tips supaya kondisi keuanganmu membaik di tahun 2023:

  1. Memiliki perencanaan keuangan

Dengan kamu memiliki perencanaan keuangan yang baik, bisa membantu dan mengontrol diri kamu dengan kondisi finansial dengan lebih baik. Kamu bisa memulainya dengan membuat rencana dan pencatatan. Hal tersebut penting supaya kamu dapat  mengatur keuangan dengan baik. Dengan membuat perencanaan keuangan, kamu bisa mengecek sejauh mana diri kamu bisa mewujudkan suatu tujuan keuangan.

  • Cari sumber penghasilan tambahan

Dengan memiliki penghasilan tambahan tentunya kamu bisa menambah tabungan atau uangnya bisa kamu alokasikan untuk melunasi utang-utang, traveling, membeli pakaian baru hingga menambah nilai investasimu.

  • Memiliki sikap disiplin

Nah, ini point penting nih, kamu harus memiliki sikap disiplin kamu tentunya bisa membuat kamu lebih baik dalam mengatur keuangan. Mungkin hal tersebut tidak mudah. Kamu perlu proses dan latihan hingga kamu memiliki kebiasaan yang baik dalam mengelola keuangan. Kamu bisa mulai dengan mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran keuangan dan menahan godaan untuk lebih mengutamakan kebutuhan daripada keinginan.

  • Jual atau sumbangkan barang yang tak terpakai

Mungkin menurutmu menyumbangkan barang tidak terpakai tidak terlalu memiliki dampak finansial yang sangat signifikan. Namun, hal ini bisa membuat pikiranmu lebih baik jika melihat barang rapi dan sesuai dengan kebutuhanmu.

  • Mengalokasikan dana untuk investasi

Jika ingin menambahkan dana yang dimiliki, kamu bisa mulai dengan melakukan investasi. Pilihlah instrumen investasi yang paling dimengerti, sesuaikan dengan profil risikomu. Hindari memaksakan diri untuk berinvestasi atas dasar hanya ikut-ikutan, padahal tidak paham sama sekali tentang investasi tersebut.

Banyak manfaat dari mengelola keuangan yang baik, salah satunya dengan disiplin apalagi ditambah dengan disiplin berinvestasi di reksa dana. Dengan berinvestasi di reksa dana kamu memiliki banyak kemudahan seperti biaya yang relatif terjangkau, dikelola oleh manajer investasi yang professional, aman karena dana disimpan di bank kustodian, dan lain-lain. Sebelum kamu memilih produk reksa dana yang tepat, kamu harus memiliki tujuan investasi dalam kurun waktu tertentu, supaya tepat sasaran dan sesuai dengan keinginan yang kamu harapkan.

Salah satu perusahaan Manajer Investasi yang bisa menjadi pilihanmu adalah Samuel Aset Manajemen (SAM), yang telah lebih dari 25 tahun memiliki keahlian dan pengalaman mengelola dana investor. SAM menyediakan berbagai ragam produk reksa dana, seperti reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham, baik berbasis konvensional maupun syariah. Produk-produk reksa dana SAM dapat dibeli dan dijual dengan mudah melalui aplikasi online ReksadanaSAM, yang tersedia di Apple Store dan Google Playstore.

Menarik bukan? Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi atau bertanya-tanya seputar investasi atau produk ReksadanaSAM lainnya, silahkan mengunjungi www.reksadanasam.co.id atau hubungi Whatsapp (021) 28548 800. Ingin kondisi keuanganmu di 2023 membaik? Jangan lupa berinvestasi di ReksadanaSAM. Ingat investasi? Ingat ReksadanaSAM.

Siapkan Dana Pensiun, Tenang Di Hari Tua

Setiap orang yang pernah bekerja pasti akan mengalami masa pensiun, namun tidak banyak perusahaan yang mempunyai program pensiun bagi karyawannya. Padahal, pada saat kita tua nanti kita mungkin sudah tidak seproduktif saat masih muda untuk memiliki penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan asumsi masa pensiun rata-rata orang Indonesia yang mencapai …