Waspada, Ini Modus Penipuan yang Mengatasnamakan PT Samuel Aset Manajemen

Akhir-akhir ini kesadaran masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan dan investasi semakin meningkat. Hal ini membuat semakin banyak pula bentuk upaya penipuan yang dilakukan secara online maupun offline. Para oknum kerap menawarkan keuntungan besar dengan modal yang sedikit dan waktu yang cepat. Selain itu, tak sedikit dari para oknum yang mencatut nama perusahaan, lembaga atau organisasi lain untuk meyakinkan para korbannya.

Agar investor dan calon investor tidak terpedaya oleh penipuan dan dapat lebih berhati-hati, kita perlu mengenali ciri-ciri modus penipuan, antara lain:

  1. Penipu biasanya menghubungi melalui aplikasi Whatsapp, Telegram, email, website palsu, SMS atau akun media sosial lainnya dengan mengatasnamakan perusahaan/lembaga keuangan tertentu, dan/atau menggunakan logo Perusahaan/lembaga keuangan tertentu.
  2. Penipu memberikan iming-iming tertentu, menawarkan kerja sama atau pekerjaan tertentu, memberikan penawaran bagi hasil atau menjanjikan keuntungan lainnya, kemudian memberikan instruksi kepada korban untuk melakukan tindakan seperti melakukan pembayaran atau transfer dana.
  3. Penipu akan menyampaikan informasi pribadi atau membagikan data-data tertentu agar korban menjadi percaya, kemudian memberikan link/tautan yang harus di-klik dalam upaya pencurian data pribadi korban.

Agar investor dan calon investor terhindar dari modus-modus tersebut dan sehubungan kembali maraknya modus penipuan investasi, khususnya yang mengatasnamakan nama perusahaan PT Samuel Aset Manajemen, atau mengatasnamakan layanan aplikasi online ReksadanaSAM, dengan menggunakan atribut perusahaan, termasuk tetapi tidak terbatas pada logo dan nama serta foto pengurus perusahaan, maka dengan ini kami sampaikan beberapa hal berikut:

  1. Kami menghimbau kepada investor dan calon investor agar selalu waspada dalam menyikapi penawaran yang diterima, yang mengatasnamakan PT Samuel Aset Manajemen, ReksadanaSAM ataupun nama lain yang memiliki kemiripan.
  2. Sebelum berinvestasi, investor dan calon investor penting untuk memastikan kebenaran penawaran investasi, tawaran kerjasama maupun penawaran lainnya, khususnya dari dari oknum perorangan atau lembaga yang mengaku sebagai perwakilan dari perusahaan PT Samuel Aset Manajemen.
  3. PENTING UNTUK DIPERHATIKAN: Semua nama rekening bank untuk pembelian produk reksa dana menggunakan nama produk reksa dana itu sendiri dan tidak pernah menggunakan nama perorangan.
    Untuk pembelian produk reksa dana, periksa dahulu nomor rekening apakah sudah sesuai dengan nomor yang tercantum di prospektus produk yang akan dibeli. Informasi nomor rekening dan prospektus masing-masing produk dapat diakses di website https://www.sam.co.id/produk/
  4. Hubungi nomor kontak resmi PT Samuel Aset Manajemen, jika Anda menemui tawaran investasi mencurigakan yang mengatasnamakan PT Samuel Aset Manajemen (ReksadanaSAM).
    Call Center (021) 2854 8800
    Verified Official Whatsapp (021) 2854 8800
    Email [email protected]
    Alamat: Menara Imperium, Lantai Dasar GF, Jl. HR Rasuna Said Kav. 1 Guntur Setia Budi, Jakarta 12980 Indonesia
  5. Domain website resmi, platform aplikasi dan akun sosial media resmi dari PT Samuel Aset Manajemen (ReksadanaSAM) adalah:

    Situs resmi: https://www.reksadanasam.co.id  dan http://www.sam.co.id

    Aplikasi: “ReksadanaSAM” di AppStore (iOS) dan PlayStore (Android).

    Instagram: @reksadanasam
    Facebook: reksadana.sam
    Facebook Page: SAMreksadana
    Twitter: @reksadanasam
    TikTok: @reksadanasam
    Youtube: Reksadana SAM
    Linkedin: PT Samuel Aset Manajemen

    Selain akun sosial media tersebut tersebut, bukan merupakan akun resmi PT Samuel Aset Manajemen
  6. Amankan data pribadi. Jangan berikan Password, kode OTP, PIN, dan kode akses lainnya. Gunakan dua lapis keamanan pada smartphone Anda, seperti biometric finger print atau face recognition.
  7. Masyarakat dapat melaporkan adanya dugaan investasi ilegal kepada Satgas Waspada Investasi OJK melalui website https://waspadainvestasi.ojk.go.id, atau dapat mengakses mobile-apps SikapiUangmu atau website http://konsumen.ojk.go.id dengan menggunakan nomor tiket dan PIN yang diberikan.

Cermatlah sebelum melakukan transaksi keuangan dan investasi. Pelajari dan pahami terlebih dahulu segala bentuk penawaran investasi agar Anda tidak terjerumus ke dalam penipuan yang berujung pada kerugian. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming keuntungan tinggi dalam waktu yang cepat, dan selalu waspada.

===

Informasi ini juga dipublikasikan di website www.sam.co.id

===
PT Samuel Aset Manajemen

MANAJER INVESTASI BERIZIN DAN DIAWASI OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK).
INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. CALON INVESTOR WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI MELALUI REKSA DANA. KINERJA MASA LALU TIDAK MENCERMINKAN KINERJA MASA DATANG.

Siapkan Dana Pensiun, Tenang Di Hari Tua

Setiap orang yang pernah bekerja pasti akan mengalami masa pensiun, namun tidak banyak perusahaan yang mempunyai program pensiun bagi karyawannya. Padahal, pada saat kita tua nanti kita mungkin sudah tidak seproduktif saat masih muda untuk memiliki penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan asumsi masa pensiun rata-rata orang Indonesia yang mencapai …