Mengenal Reksa Dana Multiple Share Class

Di Indonesia reksa dana multi-share class telah mulai diperkenalkan sejak tahun 2019. Reksa dana multiple share class adalah reksa dana terbuka, berbentuk Kontrak Investasi Kolektif, yang memiliki lebih dari satu kelas Unit Penyertaan (share class).

Di dalam reksa dana multi-share memiliki kebijakan dan strategi pengelolaan investasi yang sama, seperti komposisi portfolio dan aset dasar yang sama. Namun, yang membedakan suatu kelas dengan kelas lainnya adalah karakteristik fitur administratifnya, seperti biaya, struktur pembagian hasil investasi (dividen),  jenis mata uang, pola distribusi atau karakteristik lainnya sesuai dengan kebutuhan investor.  Tujuan disediakannya reksa dana multi-share class ini adalah untuk membantu menarik beragam investor dengan preferensi yang berbeda.

Contoh perbedaan kelas yang mungkin ada dalam reksa dana multi share adalah:

  • Biaya yang disesuaikan: Setiap kelas dapat memiliki biaya pengelolaan yang berbeda. Kelas dengan biaya management fee yang lebih rendah mungkin menarik bagi investor yang mencari efisiensi biaya, walaupun dengan persyaratan nominal pembelian awal yang  relatif cukup besar.
  • Pembagian Hasil Investasi: Dividen atau Pembagian Hasil Investasi (PHI) dapat berbeda antara kelas saham, misalnya, kelas saham A dapat mendapatkan pembayaran dividen secara teratur, sedangkan kelas saham B mungkin tidak memberikan  PHI.
  • Minat: Beberapa kelas mungkin mengkhususkan diri dalam jenis aset atau sektor tertentu, seperti saham, obligasi, atau pasar internasional, sementara yang lain mungkin memiliki portofolio yang lebih beragam.
  • Mata Uang yang Berbeda: Multi-share class juga dapat menawarkan pilihan denominasi mata uang yang berbeda, memungkinkan investor asing untuk berinvestasi dalam mata uang yang mereka pilih.

Reksa dana multi share  biasanya menawarkan berbagai jenis kelas, dengan nama kelas A, kelas B, kelas C, dan lain-lain.  Pilihan kelas mana yang cocok untuk Anda tergantung pada tujuan investasi, toleransi risiko, dan preferensi pribadi Anda. Samuel Aset Manajemen, saat ini memiliki 2 produk reksa dana multi share yang bisa menjadi pilihan dan diversifikasi investasi Anda, yakni produk Reksa Dana Saham SAM Dana Saham Nusantara dan produk Reksa Dana Pendapatan Tetap SAM Obligasi Optima.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai produk reksa dana multi-share yang dikelola oleh Samuel Aset Manajemen, Anda dapat menghubungi bagian pemasar SAM melalui kontak yang tersedia.

Seperti halnya semua jenis investasi, reksa dana multishare juga memiliki risiko, dan kinerja masa lalu tidak menjamin hasil di masa depan. Sebelum berinvestasi dalam reksa dana multi share class, pastikan untuk membaca prospektus dan memahami perbedaan antara setiap kelas saham yang ditawarkan. Penting untuk memahami risiko yang terkait dengan investasi ini. Jika perlu, sebelum membuat keputusan investasi, konsultasikan dengan penasehat investasi profesional untuk mendapatkan saran yang lebih tepat sesuai dengan situasi keuangan dan tujuan investasi Anda.

Siapkan Dana Pensiun, Tenang Di Hari Tua

Setiap orang yang pernah bekerja pasti akan mengalami masa pensiun, namun tidak banyak perusahaan yang mempunyai program pensiun bagi karyawannya. Padahal, pada saat kita tua nanti kita mungkin sudah tidak seproduktif saat masih muda untuk memiliki penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan asumsi masa pensiun rata-rata orang Indonesia yang mencapai …