Reksa Dana Pendapatan Tetap SAM OBLIGASI OPTIMA: Menawarkan Stabilitas, dan Fleksibilitas untuk Pertumbuhan Hasil yang Lebih Optimal

Press Release

Peluncuran Produk Reksa Dana Terbaru dari Samuel Aset Manajemen

Jakarta, 30 Agustus 2023 — Guna melengkapi varian produk yang dikelola oleh PT Samuel Aset Manajemen, pada hari ini Rabu, 30 Agustus 2023 kami dengan bangga mengumumkan peluncuran produk reksa dana terbaru, yakni Reksa Dana Pendapatan Tetap “SAM Obligasi Optima”. Reksa dana ini merupakan reksa dana multi share yang terdiri dari Kelas A, Kelas D dan Kelas S. Khusus di hari ini diluncurkan perdana Kelas A dan Kelas D, sedangkan Kelas S sudah diterbikan lebih dulu pada hari Senin, tanggal 21 Agustus yang lalu. Produk Reksa Dana Pendapatan Tetap “SAM Obligasi Optima” dirancang khusus untuk memberikan stabilitas dalam jangka menengah panjang dan fleksibilitas untuk pertumbuhan hasil yang lebih optimal bagi para investor dalam berbagai kondisi pasar.

Reksa Dana Pendapatan Tetap “SAM Obligasi Optima” adalah pilihan yang cerdas bagi mereka yang mencari alternatif investasi yang risikonya relatif menengah (moderate) dan berpotensi memberikan pendapatan yang stabil. Produk ini berinvestasi sekurang-kurangnya 80% dari Nilai Aktiva Bersih dalam Efek Bersifat Utang, seperti obligasi pemerintah dan perusahaan, serta instrumen pasar uang dengan risiko yang terkelola dengan baik. SAM Obligasi Optima dapat berinvestasi minimum 80% dalam efek surat utang dan maksimal 20% dalam efek bersifat ekuitas dan/atau pasar uang. Fleksibilitas dalam alokasi ini memberikan kemampuan untuk melakukan diversifikasi aset sehingga dapat mengurangi risiko.

Menurut Herbie Mohede, selaku Senior Portfolio Manager dan Head of Fixed Income Fund, “Produk SAM Obligasi Optima ini cocok bagi Investor yang mencari hasil investasi yang lebih tinggi dari bunga tabungan dalam jangka menengah dan panjang, namun dapat menerima fluktuasi yang sedikit lebar dalam jangka pendek untuk mencapai hasil investasi tersebut“.  Lebih lanjut Herbie menjelaskan, bahwa produk ini juga ditujukan bagi investor yang menginginkan pendapatan investasi secara rutin atau periodik dan sebagai diversifikasi investasi.

Tujuan investasi dari Reksa Dana Pendapatan Tetap “SAM Obligasi Optima” adalah memperoleh hasil investasi yang stabil dan optimal bagi pemegang Unit Penyertaan dalam jangka waktu menengah dan panjang melalui investasi; dengan Kebijakan Investasi meningkatkan hasil investasi dan peragaman (diversifikasi) portofolio investasi. Reksa dana ini memiliki aset dasar berupa Efek bersifat utang dan/atau Efek Syariah berpendapatan tetap yang diterbitkan dan/atau dijamin oleh Pemerintah Republik Indonesia

Reksa Dana Pendapatan Tetap “SAM Obligasi Optima” merupakan reksa dana multi share yang merupakan jenis reksa dana yang memiliki lebih dari satu kelas Unit Penyertaan (UP). UP di sini diwakili oleh istilah share class (kelas). Semua UP dikelola dengan strategi investasi dan komposisi portofolio yang sama. Hanya saja, setiap kelas memiliki fitur-fitur yang penerapannya dapat mempengaruhi Nilai Aktiva Bersih dari masing-masing Kelas Unit Penyertaan sehingga mengakibatkan perbedaan Nilai Aktiva Bersih antara masing-masing Kelas Unit Penyertaan.

Keuntungan memiliki reksa dana multi share adalah efisiensi waktu dan biaya dapat terjadi dan menciptakan transparansi. Dari segi biaya, cukup banyak komponen biaya yang dapat dihemat. Jika semula Manajer Investasi mengelola beberapa reksa dana dengan strategi yang sama, dengan multi share class dapat disatukan dalam satu reksa dana, sehingga cukup mengadministrasikan satu reksa dana saja. Efisiensi proses dan biaya akan mempermudah proses pengelolaan dana dan administrasi dari sisi bank kustodian, sehingga memberikan nilai tambah bagi mitra Manajer Investasi dan juga para investor atau pemegang unit reksa dana. Reksa dana multi share tersedia dalam beberapa kelas yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan investasi yang berbeda dari masing-masing investor.  Selain itu, manfaat bagi investor adalah mendapatkan potensi imbal hasil yang lebih optimal. Sebab, pengelolaan dana dalam satu portofolio besar akan lebih efisien daripada dalam beberapa portofolio kecil. Manfaat lainnya, investor tidak perlu dipusingkan dengan beragam nama produk, yang sebenarnya isinya sama.

Seri Kelas yang tersedia dan ditawarkan pada Reksa Dana Pendapatan Tetap “SAM Obligasi Stabil” adalah

  1. Kelas A, yang di mana pada kelas ini tanpa Pembagian Hasil Investasi (PHI) aatau dengan kata lain Hasil Investasi yang diperoleh tidak dibagikan namun dibukukan kedalam SAM OBLIGASI OPTIMA sehingga meningkatkan Nilai Aktiva Bersihnya, dengan minimal pembelian sebesar Rp100 ribu. Jika Pemegang Unit Kelas A ingin merealisasikan hasil investasinya maka Pemegang Unit Penyertaan perlu menjual sebagian atau seluruh Unit Penyertaan yang dimilikinya.
  2. Kelas D, yang secara berkala akan dibagikan PHI secara tunai maupun non tunai berupa tambahan Unit Penyertaan, dengan minimal pembelian sebesar Rp100 ribu rupiah. Ada batas nilai investasi minimum pada tanggal cum date yang diperlukan untuk menerima PHI secara tunai.
  3. Kelas S, yang secara triwulan akan dibagikan PHI secara tunai maupun non tunai berupa tambahan Unit Penyertaan, dengan minimal pembelian sebesar Rp10 miliar. Untuk kelas S ini sudah lebih dahulu, diterbitkan yakni pada tanggal 21 Agustus 2023 lalu.

Informasi lengkap mengenai fitur masing-masing seri Kelas diatur lebih lanjut dalam Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang tertuang pada Prospektus produk SAM Obligasi Optima.

Keunggulan utama berinvestasi pada Reksa Dana Pendapatan Tetap “SAM Obligasi Optima ” adalah:

  • Stabilitas: Reksa dana pendapatan tetap adalah jenis reksa dana yang berinvestasi pada instrumen obligasi, surat utang, sertifikat bank dan instrumen derivatif pendapatan tetap lainnya, sehingga produk ini menawarkan pendapatan yang stabil dari bunga dan kupon obligasi yang dikelola dalam portofolio.  Investor memperoleh potensi pendapatan secara rutin/periodik yang berasal dari Pembagian Hasi Investasi, sehingga investor dapat menikmati hasi investasi tanpa mencairkan unit yang dimilikinya.
  • Fleksibilitas Alokasi Aset: Alokasi aset pada produk reksa dana ini juga memberikan kemampuan untuk diversifikasi aset dengan lebih fleksibel sehingga dapat mengurangi risiko sehingga memberikan kenyamanan kepada para investor, terlepas dari fluktuasi pasar.
  • Diversifikasi: Dengan investasi yang terjangkau, investor dapat memperoleh manfaat diversifikasi investasi dalam efek surat utang, pasar uang dan/atau saham. Diversifikasi yang cermat membantu mengurangi risiko dan meningkatkan peluang pertumbuhan.
  • Aksesibilitas ke Pasar Obligasi: Reksa Dana Pendapatan Tetap “SAM Obligasi Optima” tersedia bagi investor dengan berbagai tingkat investasi, mulai dari investor individu atau retail hingga investor institusi. Investor dapat berinvestasi dalam pasar obligasi dengan investasi yang terjangkau. Dengan hanya minimal Rp100 ribu investor dapat memperoleh akses mudah pasar obligasi.
  • Kemudahan Bertransaksi dan Transparansi: Melalui aplikasi ReksadanaSAM, media digital dan layanan pelanggan, kami memberikan akses transparan terhadap informasi kinerja produk sehingga memungkinkan investor dapat tetap terinformasi pertumbuhan investasi dan dapat bertransaksi beli dan jual secara online dengan mudah, serta dapat dicairkan setiap hari bursa dan dibayarkan kembali paling lambat dalam 7 hari bursa.
  • Dikelola Profesional: Portofolio dikelola oleh tim investasi ahli yang berpengalaman lebih dari 25 tahun dalam mengelola aset.  Tim investasi, riset dan manajemen risiko SAM terus mengelola dan memantau pasar dan melakukan penyesuaian strategis untuk menjaga stabilitas dan kinerja produk dalam berbagai kondisi ekonomi.

Sementara itu risiko berinvestasi di reksa dana pendapatan tetap antara lain, risiko penurunan Nilai Aktiva Bersih Unit Penyertaan karena turunnya harga efek portofolio, risiko wanprestasi dari penerbit surat berharga, risiko ekonomi dan politik, risiko likuiditas, risiko nilai tukar mata uang asing, risiko konsetrasi portolio efek serta risiko pembubaran dan likuidasi.

“Dengan peluncuran produk ini, kami berkomitmen untuk memberikan solusi investasi yang memberikan nilai tambah nyata kepada para investor. Reksa Dana Pendapatan Tetap “SAM Obligasi Optima” menggabungkan stabilitas dan fleksibelitas sehingga memberikan potensi pertumbuhan lebih optimal dalam satu paket yang menarik”, tuntas Herbie Mohede.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Reksa Dana Pendapatan Tetap “SAM Obligasi Optima”, silakan menghubungi tim pemasar SAM melalui email ke [email protected] atau  kunjungi situs perusahaan kami di www.sam.co.id atau situs untuk bertransaksi online di www.reksadanasam.co.id.  

Tentang Perusahaan

SAM didirikan sesuai dengan Akta No. 166 tanggal 14 Mei 1997 dengan izin usaha Manajer Investasi dari BAPEPAM-LK Nomor SK. Kep. 6/PM/MI/1997 tanggal 21 Agustus 1997. Didukung oleh tim yang profesional dan berpengalaman, SAM berkomitmen untuk membantu investor korporasi dan individual, baik investor domestik maupun internasional dengan memberikan layananan lengkap pengelolaan aset melalui beragam solusi investasi keuangan.

SAM menyediakan berbagai produk Reksa Dana dan Kontrak Pengelolaan Aset Investasi berbasis saham, campuran, pendapatan tetap dan pasar uang, baik Konvensional maupun Syariah, serta Alternatif Investment, seperti Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT), Exchange Traded Fund, Index Fund dan lain-lain. SAM saat ini mengelola 25 produk reksa dana, baik berbasis konvensional maupun syariah dengan total dana kelolaan (per Juli 2023) sejumlah Rp13,88 triliun.

Dalam perjalanan perusahaan yang telah lebih dari 26 tahun, SAM mendapatkan pengakuan reputasi, antara lain: Best Manager Investasi – Fixed Income 2021, The Best Transfer Knowledge 2020 dan Best CEO 2018 dan 2017, Indonesia Most Admired Companies 2017 serta berbagai penghargaan atas kinerja produk-produk yang dikelola.

Demi menjawab kebutuhan investor ritel dalam merencanakan investasi dan mewujudkan tujuan keuangannya di masa depan, SAM juga menyediakan layanan aplikasi online “ReksadanaSAM” berbasis mobile Android dan IOS dan web browser.

SAM terus berinovasi untuk menyediakan solusi investasi yang relevan dan efektif bagi berbagai kebutuhan keuangan investor. SAM menekankan nilai-nilai Perusahaan untuk mencapai best performance, good governance dan service excellence yang sejalan dengan visi misi perusahaan untuk menjadi perusahaan manajemen aset terkemuka di Indonesia, dan mitra investasi terbaik bagi investor di sepanjang masa.

—-

Disclaimer: Informasi dalam press release ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran investasi. Semua keputusan investasi harus dibuat setelah berkonsultasi dengan profesional keuangan yang kompeten.

INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO, CALON INVESTOR WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS DAN TATA CARA BERTRANSAKSI SEBELUM BERINVESTASI MELALUI REKSA DANA, KINERJA MASA LALU TIDAK MENCERMINKAN KINERJA MASA DATANG.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Siapkan Dana Pensiun, Tenang Di Hari Tua

Setiap orang yang pernah bekerja pasti akan mengalami masa pensiun, namun tidak banyak perusahaan yang mempunyai program pensiun bagi karyawannya. Padahal, pada saat kita tua nanti kita mungkin sudah tidak seproduktif saat masih muda untuk memiliki penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan asumsi masa pensiun rata-rata orang Indonesia yang mencapai …